Jokowi Ungkap Kengerian di 2022: Omicron Hingga Tapering Off

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
03 January 2022 09:55
Presiden Joko Widodo Saat Peresmian Pembukaan Perdagangan BEI Tahun 2022. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menjabarkan berbagai tantangan yang kemungkinan dihadapi dunia, tak terkecuali Indonesia pada tahun depan.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi sela peresmian Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2022, yang ditayangkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

"Kita harus ingatkan di tahun 2022, meski kita tahu ada banyak tantangan yang kita hadapi," kata Jokowi, Senin (3/1/2022).


Jokowi mengatakan berbagai ancaman yang akan dihadapi dunia pada tahun ini salah satunya adalah munculnya varian baru Covid-19 omicron, yang beberapa bulan waktu lalu ditemukan di Afrika Selatan.

"Baik kenaikan inflasi, baik tapering off, baik kehilangan kontainer di mana-mana, baik negara-negara lain mengalami kelangkaan energi yang akan ganggu ekspor kita. Saya kira tantangan itu yang akan kita hadapi," jelasnya,

Jokowi meminta seluruh pemangku kepentingan menatap optimisme perekonomian Indonesia tahun ini. Pasalnya, telah terjadi perbaikan dalam sejumlah indikator pertumbuhan.

"Keyakinan konsumen dari Maret 113,8 November, spending indeks naik ke 102,5, PMI kita sudah naik di atas sebelum kita pandemi kita 51, kita masuk ke 53,9.," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Krisis Kontainer, Presiden Resah


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading