Tips Investasi Sandiaga Uno: No Saham 'Gorengan Kolesterol'!

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
31 December 2021 07:50
Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Tangkapan layar CNBC TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam suatu kesempatan seminar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bicara terkait investasi dan cryptocurrency. Sandi, yang juga seorang pengusaha sukses, menekankan arti penting investasi untuk kalangan generasi muda.

Investasi harus dilakukan sedini mungkin dan dalam jangka waktu panjang. Sandi juga menekankan, dalam berinvestasi harus menekankan aspek fundamental saat membuat keputusan investasi dan bukan spekulasi semata, khususnya investasi portofolio. 

"Saya ini pengikut investasi berdasarkan fundamental. Anak-anak muda harus mulai investasi dan jangka panjang agar bisa melihat peningkatan nilai saham," kata dia dalam acara d'Mentor, Kamis (30/12/2021), seperti dilansir dari detik.com.


Sandi mengungkapkan untuk berinvestasi anak-anak muda juga harus memahami risiko dan keuntungan yang akan didapatkan. "Tapi harus betul-betul melihat instrumen yang prospeknya baik, manajemennya baik. Jangan beli saham gorengan, karena tidak baik untuk kesehatan," jelas dia.

Jika memang ingin berinvestasi di instrumen saham maka bisa memilih saham dengan fundamental baik atau LQ45. Sedangkan untuk investasi di aset digital seperti cryptocurrency, harus memiliki perhitungan tersendiri.

"Bisa saja ikut tapi jangan lebih dari 5% dari portofolio yang kita miliki. Karena kan untuk kripto itu harus siap ada volatilitas yang kadang bisa naik satu hari, satu hari turun, harus perlu kehati-hatian dan kewaspadaan," jelas dia.

Menurut dia, dalam berinvestasi memang jangan pernah percaya dengan iming-iming keuntungan yang besar dan tidak rasional. Pasalnya dalam berinvestasi juga harus memahami jika imbal hasil tinggi, maka risiko yang akan dihadapi juga akan tinggi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sempat Dibuka Hijau, IHSG Sempat Sentuh Rekor Lagi


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading