Modernland Lepas Aset ke Astra Rp 1 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
29 December 2021 13:15
Dok Modernland

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan properti PT Modernland Realty Tbk (MDLN) melepas seluruh saham miliknya di PT Astra Modern Land (AML) ke cucu usaha PT Astra International Tbk (ASII). Nilai pelepasan saham tersebut mencapai Rp 1 triliun.

Dalam keterbukaan informasi yang dirilis perusahaan, objek yang dilepas merupakan kepemilikan 1.277.100 saham yang setara dengan 33% saham MDLN di AML. AML merupakan perusahaan patungan antara perusahaan dengan PT Astra Land Indonesia (ALI).

Pelepasan aset ini dilakukan lantaran bisnis properti yang dijalankan perusahaan dan anak usaha terdampak akibat pandemi Covid-19.


"Transaksi Penjualan Saham AML ini akan memberikan dampak positif pada kelangsungan usaha Perseroan dan entitas anak Perseroan. Selanjutnya, Perseroan akan mampu meningkatkan rasio lancar (current ratio) yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan konsolidasian Perseroan dan memberikan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham Perseroan," tulis keterbukaan tersebut, Rabu (29/12/2021).

"Di samping itu, dengan dilakukannya transaksi ini, kemampuan Perseroan dalam melakukan pemenuhan kewajiban pembayarannya juga akan meningkat."

Untuk diketahui, kepemilikan Modernland di AML melalui anak usahanya PT Mitra Sindo Makmur.

Perusahaan tersebut membuat perusahaan patungan dengan ALI, yang merupakan cucu usaha Astra melalui anak usahanya PT Menara Astra.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bangun dari Tidur Panjang, Saham MDLN 'Ngamuk' Melesat 33%


(mon/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading