Mesranya RI - China Berani Tinggalkan Dolar AS, Ini Buktinya!

Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
24 December 2021 11:35
Infografis/ Jokowi Mau RI untung Dagang Sama China! Gimana caranya Pak? / Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia dan China makin kompak meninggalkan dolar Amerika Serikat (AS) dalam transaksi kerjasama bilateralnya. Keduanya sepakat menggunakan mata uang lokal atau Local Currency Settlement (LCS) baik rupiah maupun yuan.

Hal ini tercermin dari nilai transaksi RI dan China menggunakan LCS telah mencapai hingga US$ 15,1 juta hingga 21 Oktober 2021.


"Perkembangan transaksi LCS pada tahun 2021 terus menunjukkan peningkatan yang positif. Transaksi LCS tercatat sebesar US$ 15,1 juta untuk CNY/IDR," tulis BI dalam paparannya yang dikutip Jumat (24/12/2021).

Jika dilihat dari data BI, transaksi menggunakan LCS antara RI dan China masih lebih kecil dibandingkan negara lain. Transaksi tertinggi menggunakan LCS RI tertinggi dengan Jepang sebesar US$102,3 juta.

Kemudian kedua tertinggi dengan Malaysia sebesar US$ 45,3 juta dan dengan Thailand tercatat US$ 17 juta. Ini semua data hingga 21 Oktober 2021.

Sementara itu, secara total, transaksi LCS di Indonesia mencapai US$ 348 juta di 2018, US$ 760 juta di 2019, US$ 800 juta di 2020, dan US$ 1,68 miliar hingga Oktober 2021.

"Secara umum, transaksi LCS di Indonesia menunjukkan perkembangan positif sejak tahun 2018," tulis BI.

Implementasi kerjasama LCS adalah sebagai salah satu upaya berkelanjutan BI untuk mendorong penggunaan mata uang lokal yang lebih luas dalam penyelesaian transaksi perdagangan dan investasi langsung dengan berbagai negara mitra.

Perluasan penggunaan LCS diharapkan dapat mendukung stabilitas Rupiah melalui dampaknya terhadap pengurangan ketergantungan pada mata uang tertentu di pasar valuta asing domestik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Bergantung Dolar AS, Ekonomi RI Perkasa & Tahan Banting


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading