Polis Nasabah Jiwasraya Mulai Dialihkan ke IFG Life

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
14 December 2021 11:20
Jiwasraya (CNBC Indonesia/Ranny Virginia Utami)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan mulai melakukan pengalihan polis nasabahnya ke PT Asuransi Jiwa IFG/IFG Life. Pengalihan ini mulai dilakukan sejalan dengan izin pengalihan polis yang telah didapatkan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan dilakukannya pengalihan tersebut maka seluruh hak dan kewajiban Jiwasraya sebagai pengelola asuransi jiwa akibat polis akan beralih kepada IFG Life.

"Sebagai informasi, sehubungan dengan izin pengalihan portofolio pertanggungan (polis) yang telah kami terima dari OJK, maka kami akan memulai proses pengalihan polis hasil restrukturisasi ke IFG Life," tulis pengumuman perusahaan, Selasa (14/12/2021).


Manajemen Jiwasraya menyebutkan seluruh ketentuan yang terdapat di polis hasil restrukturisasi akan tetap berlaku dan tidak berubah.

Nasabah yang keberatan dengan pengalihan tersebut akan diberikan waktu selama satu bulan untuk menyampaikan keberatannya. Pemegang polis yang merasa keberatan ini nantinya akan mendapatkan penyelesaian polis sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh Jiwasraya dalam program restrukturisasinya.

Sebelumnya, Corporate Communication IFG Life Chelma Destria mengatakansetidaknya akan ada lebih dari 300 ribu polis yang akan dipindahkan dari Jiwasraya ke IFG Life. Proses pengalihan ini pun akan dilakukan secara bertahap untuk memastikan bahwa polis tersebut telah terverifikasi dan tervalidasi dengan benar yang memenuhi peraturan.

"Proses transfer polis yang jumlahnya lebih dari 300.000 tentu akan membutuhkan beberapa waktu lamanya, hal ini dikarenakan untuk memastikan bahwa polis-polis yang akan dialihkan tersebut merupakan polis-polis yang telah terverifikasi dan tervalidasi dengan benar yang memenuhi peraturan. Demikian prosesnya agar teratur dan memenuhi tata kelola regulasi," kata Chelma kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Pengalihan polis ini sejalan dengan diterimanya Penyertaan Modal Negara (PMN) tunai oleh induk usaha IFG Life, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) alias Indonesia Financial Group (IFG) senilai Rp 20 triliun.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama IFG Robertus Billitea mengatakan IFG telah menyelenggarakan RUPS pada tanggal 4 November 2021 perihal penambahan modal disetor IFG yang selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan melakukan penambahan penyertaan modal kepada IFG Life.

"Proses ini dilakukan bersamaan dengan pengalihan (migrasi) polis Asuransi Jiwasraya untuk pemegang polis produk retail dan korporasi yang telah selesai proses restrukturisasinya kepada IFG Life," kata Robertus dalam siaran persnya, Kamis (25/11/2021).

Sejalan dengan telah diterimanya PMN ini, ke depan IFG akan melakukan penggalangan dana dengan underlying dividen anak perusahaan selama 5 tahun ke depan senilai Rp 6,7 triliun.

PMN dan penggalangan dana ini sejalan dengan upaya pemerintah, melalui IFG, untuk melakukan restrukturisasi polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) senilai Rp 26,7 triliun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Farid Nasution Jadi Direktur Keuangan & Investasi IFG LIfe


(mon/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading