Selamatkan La Liga, Ini Rencana Real Madrid & Barcelona

Market - Feri Sandria, CNBC Indonesia
03 December 2021 17:45
Real Madrid's President Florentino Perez gives a speech during the official presentation of Belgium forward Eden Hazard at the Santiago Bernabeu stadium in Madrid, Spain, Thursday, June 13, 2019. Real Madrid announced last week that it had acquired the 28-year-old Belgian playmaker from Chelsea for a reported fee of around 100 million euros ($113 million) plus variables, making him the club's most expensive signing ever. (AP Photo/Manu Fernandez)

Jakarta, CNBC Indonesia - FC Barcelona, Real Madrid CF, dan Athletic Bilbao melakukan upaya menit terakhir untuk menghentikan kesepakatan senilai US$ 2,3 miliar antara La Liga dan private equity CVC Capital Partners - dengan menyodorkan tawarkan proposal pendanaan alternatif.

Presiden klub sepak bola Spanyol akan melaksanakan voting minggu depan pada kesepakatan yang diusulkan CVC untuk mendapatkan 10,95% saham di sebuah perusahaan baru bernama La Liga Impulso yang akan mengawasi semua bisnis liga sepak bola spanyol, anak perusahaan, dan usaha patungan.

Usulan itu muncul setelah pendapatan liga sepak bola negeri Matador turun 8% selama pandemi. Selain faktor pandemi, popularitas La Liga semakin menurun setelah dua bintang sepak bola tersbesar dunia hengkang dari Spanyol, Cristiano Ronaldo yang kini membela Manchester United meninggalkan Real Madrid tahun 2018 lalu untuk membela Juventus. Sedangkan Lionel Messi mengakhiri kontraknya dengan Barcelona tahun ini untuk bermain di PSG.


Ketiga tim dilaporkan siap untuk mempresentasikan rencana alternatif paling cepat minggu ini, meskipun ada ketentuan dalam kesepakatan awal yang memungkinkan masing-masing klub untuk memilih keluar.

Ketiga tim tersebut sebelumnya telah menyuarakan penentangan mereka terhadap kesepakatan CVC, karena liga berpotensi kehilangan kendali atas hak media selama 50 tahun ke depan. Federasi Sepak Bola Spanyol menyebut kesepakatan CVC ilegal dan berbahaya.

Kesepakatan CVC akan membuat perusahaan tersebut menerima 11% dari hak siar liga selama 50 tahun ke depan dengan imbalan pembayaran satu kali sebesar 2,7 miliar euro.

Bulan lalu, CVC, Advent International, dan dana FSI Italia menandatangani perjanjian dengan liga sepak bola Serie A Italia untuk kesepakatan serupa - $2 miliar untuk 10% dari perusahaan baru yang mengelola hak siar liga Italia.

La Liga membutuhkan 22 dari 42 suara dari klub di divisi pertama dan kedua untuk menyetujui kesepakatan ini.

Siapa Investor Alternatif yang Disiapkan Real Madrid dan Barcelona?

Klub sepak bola papan atas Spanyol Real Madrid dan Barcelona telah mengusulkan kredit bank sebesar 2 miliar euro ($2,26 miliar) untuk membiayai liga sepak bola teratas negara itu dalam upaya untuk menggagalkan suntikan uang yang disetujui yang ditawarkan oleh CVC.

Reuters mengabarkan proposal alternatif dari dua klub terbesar Spanyol akan melibatkan JPMorgan, Bank of America dan HSBC untuk bersama-sama meminjamkan 2 miliar euro dengan imbalan pembayaran tahunan tetap sebesar 115 juta euro selama 25 tahun.

Real Madrid, Barcelona dan Athletic Bilbao telah memilih keluar dari kesepakatan CVC, mengatakan persyaratan itu terlalu murah hati untuk CVC. Real Oviedo divisi dua juga menolak kesepakatan tersebut.

Menanggapi proposal alternatif mereka, manajemen LaLiga mengatakan kesepakatan CVC tidak hanya tentang pembiayaan liga tetapi juga bertujuan untuk membuatnya lebih kompetitif dan meningkatkan bisnisnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

JPMorgan Gugat Tesla Rp 2,31 T, Ada Apa?


(fsd/fsd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading