Kripto Jumbo Masih on Fire, tapi Cardano dkk Masih Loyo

Market - chd, CNBC Indonesia
26 November 2021 11:30
Ilustrasi Cryptocurrency (Photo by Pierre Borthiry on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mayoritas harga kripto berkapitalisasi pasar besar terpantau menguat pada perdagangan Jumat (26/11/2021) pagi waktu Indonesia, karena beberapa analis dan trader melihat adanya tren bullish di pasar kripto dalam beberapa hari kedepan.

Melansir data dari CoinMarketCap pada pukul 09:25 WIB, mayoritas kripto berkapitalisasi pasar besar (big cap) rebound ke zona hijau pada pagi hari ini.

Hanya koin digital solana, cardano, dan polkadot yang masih terkoreksi pada hari ini. Solana melemah 0,44% ke level harga US$ 207,46/koin atau setara dengan Rp 2.966.678/koin (asumsi kurs hari ini Rp 14.300/US$), cardano terkoreksi 0,5% ke level US$ 1,66/koin atau Rp 23.738/koin, dan polkadot turun 0,25% ke US$ 38,93/koin (Rp 556.699/koin).


Sementara sisanya diperdagangkan di zona hijau pada pagi hari ini. Bitcoin melesat 1,48% ke level harga US$ 58.579,62/koin atau setara dengan Rp 837.688.566/koin, ethereum melonjak 4,08% ke level US$ 4.493,11/koin atau Rp 64.251.473/koin, dan binance coin meroket 8,51% ke US$ 651,05/koin (Rp 9.310.015/koin).

Berikut pergerakan 10 kripto besar berdasarkan kapitalisasi pasarnya pada hari ini.

Kripto

Meskipun pasar keuangan Amerika Serikat (AS) libur memperingati hari Thanksgiving pada perdagangan Kamis (25/11/2021), namun investor di belahan dunia lainnya masih tetap semangat memburu kripto 'jumbo' pada hari ini setelah sempat terkoreksi pada awal pekan ini.

Pasar kripto masih ramai, apalagi setelah harga bitcoin sempat menembus kisaran level US$ 59.000, dan volume perdagangan tetap pada level yang sama dengan tiga hari sebelumnya.

Beberapa analis memperkirakan sentimen bullish di kripto akan berlanjut selama musim liburan Desember, terutama setelah beberapa ketidakpastian makroekonomi mereda, termasuk pengangkatan kembali Jerome Powell sebagai ketua bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed).

"Periode setelah Thanksgiving AS diprediksi sangat bullish bagi aset berisiko dan kami tidak akan terkejut melihat reli akan terjadi di kripto selama musim liburan natal mendatang," kata Changguang Zheng, founder dan kepala investasi di perusahaan dana lindung nilai kripto, ZX Squared Capital, kepada CoinDesk.

Disaat harga bitcoin dan ethereum masih diperdagangkan di teritori hijau, pasar kripto lainnya mengalami volatilitas harga yang tinggi dengan pemenang utama hari ini adalah koin digital (token) game seperti Gala (GALA), The Sandbox (SAND), dan Decentraland (MANA).

Beberapa token tersebut melihat volume perdagangan hariannya cenderung tinggi pada pagi hari ini, menandakan tren bullish di beberapa token tersebut.

Di lain sisi, token decentraland berhasil mencetak rekor tertinggi barunya pada Kamis (25/11/2021) sekitar pukul 16:49 WIB, di mana rekor tertinggi token dengan kode MANA tersebut berada di level US$ 5,8527/koin.

Token dari platform virtual reality terdesentralisasi yang dibangun di atas blockchain Ethereum kini memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 9,2 miliar, menurut penyedia data Messari.

Lonjakan harga MANA mendorong token tersebut di depan token game play-to-earn terkait metaverse AXS, Axie Infinity yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 8,6 miliar.

Token yang terkait dengan metaverse atau lingkungan virtual bersama telah melonjak sejak Oktober lalu, ketika Facebook resmi mengubah nama perusahaannya menjadi Meta untuk menandakan peningkatan fokus pada sektor ini. Pada saat itu, kapitalisasi pasar Decentraland hanya sekitar US$ 2 miliar.

"Investor masih ingin memanfaatkan narasi metaverse sejak rebranding Facebook," kata Juan Pellicer, analis di IntoTheBlock, dikutip dari CoinDesk.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading