Setelah Ajaib, Giliran Stockbit Akuisisi Broker Saham

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 November 2021 17:45
banteng bei

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Stockbit Investa Bersama (Stockbit) bakal segera mengeksekusi rencananya untuk mengakuisisi PT Mahakarya Artha Sekuritas (XL) dalam waktu dekat. Ini menyusul didapatkannya persetujuan akuisisi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Co-founder Stockbit Wellson Lo mengatakan melalui proses akuisisi yang akan dirampungkan dalam waktu dekat ini, nama Mahakarya Artha Sekuritas akan berubah menjadi Stockbit Sekuritas.

"Kombinasi antara pengalaman PT Mahakarya Artha Sekuritas dan keahlian Stockbit di ranah digital akan menawarkan solusi investasi yang mudah, aman, dan terpercaya bagi para investor,"kata Wellson dalam siaran persnya, Selasa (23/11/2021).


Wellson menjelaskan fokus utama akuisisi ini adalah peningkatan kapabilitas teknologi platform trading online serta upaya mempertahankan standar keamanan dan privasi bagi seluruh pengguna. Ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk terus berinovasi dan mengembangkan teknologinya.

Senada, Direktur Utama Mahakarya Artha Sekuritas Megawati Soewardi mengungkapkan nasabah yang telah berinvestasi sebelumnya melalui perusahaan akan tetap dapat bertransaksi seperti biasa dan akan diuntungkan dengan kapabilitas Stockbit di bidang teknologi.

"Akuisisi ini juga akan dibarengi dengan penguatan tim dalam rangka menjawab tantangan di dalam industri," ungkapnya.

Akuisisi perusahaan sekuritas di dalam negeri memang telah terjadi selama beberapa waktu terakhir. Salah satu faktornya adalah karena masih besarnya ruang pertumbuhan investor, terutama ritel di Indonesia yang saat ini masih belum mencapai 1% dari total penduduk.

Diberitakan sebelumnya, sumber CNBC Indonesia di Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) menuturkan, masih ada beberapa perusahaan sekuritas yang berpotensi melakukan merger dan akuisisi (M&A), meski tidak menyebut nama-nama perusahaan sekuritas secara lebih detil.

"Potensinya bisa-bisa saja, kalau disebut berpotensi, ya berpotensi. Indonesia masih menjadi pasar yang menarik," kata sumber tersebut.

Menurutnya, akuisisi perusahaan sekuritas lokal oleh investor strategis menjadi fenomena yang menarik di tengah tren hengkangnya perusahaan sekuritas asing di Indonesia seperti Nomura Sekuritas, Merril Lynch, Morgan Stanley hingga Deutsche Sekuritas Indonesia.

Selain itu, saat ini investor pasar modal di Indonesia yang sudah mencapai 6,6 juta diyakini masih berpeluang tumbuh ke depannya. Mengakuisisi perusahaan sekuritas adalah langkah strategis yang diambil sebagai peluang.

Belum lama ini, pengusaha yang juga Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk (ADRO) juga mengakusisi 49% saham perusahaan sekuritas, PT Trimegah Sekuritas Tbk (TRIM) yang dimiliki Grup Northstar, Advance Wealth Finance Ltd.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Broker Asing Hengkang dari Bursa RI, Apa sebabnya?


(mon/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading