Mitratel Listing Hari Ini, Bakal Bisa Dongkrak IHSG ke ATH?

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
22 November 2021 08:30
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Awal pekan ini, ada sejumlah katalis positif yang berpotensi menjadi booster bagi bursa saham domestik melanjutkan tren penguatannya.

Sentimen positif tersebut mulai dari fundamental ekonomi domestik yang cukup solid, rekor tertinggi baru Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan melantainya Mitratel di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin ini.

Jumat pekan lalu, IHSG ditutup menguat 1,26% ke level 6.720,26 dengan nilai transaksi Rp 14,58 triliun. Pelaku pasar asing melakukan penjualan bersih senilai Rp 141,22 miliar.


Dalam risetnya, NH Korindo mencermati, dari bursa Wall Street, akhir pekan lalu ditutup variatif. Indeks Dow Jones dan S&P 500 ditutup terkoreksi. Di sisi lain, kenaikan saham-saham sektor teknologi berhasil mengantar indeks Nasdaq ke rekor tertinggi baru di atas level 16.000 untuk pertama kalinya.

Harga minyak mentah kembali terkoreksi sebesar 3%; di tengah kekhawatiran dampak lockdown di wilayah Eropa.

Dari dalam negeri, IHSG kembali mampu mencetak rekor tertinggi baru ke level 6.720. Kenaikan didukung oleh berbagai data ekonomi yang dirilis pekan lalu yang memberikan indikasi fundamental ekonomi solid.

"Memasuki pekan baru, pergerakan indeks acuan masih berpeluang untuk melanjutkan tren positif dengan proyeksi rentang pergerakan di 6.700 - 6.800," tulis NH Korindo Sekuritas, Senin (22/11/2021).

Sementara itu, menurut Surya Fajar Sekuritas, awal pekan ini, IHSG masih memiliki tenaga untuk melanjutkan tren penguatan cenderung sideways di rentang 6.670 sampai dengan 6.760.

"IPO Mitratel hari ini akan menjadi faktor krusial dalam perdagangan hari ini yang akan memberikan sentimen positif bagi IHSG," ungkap SF Sekuritas. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Santa Rally di Wall Street, Ada Tanda IHSG akan Beri Cuan


(sys/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading