Terungkap, Misteri Pembeli Saham PMMP di Pasar Nego Rp 100 M

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
09 November 2021 08:30
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia, Kamis 26/3/2020 (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten sektor pengolahan PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) mengumumkan bahwa perusahaan telah menandatangani perjanjian kerja sama strategis dan perjanjian jual beli saham dengan PT Harapan Bangsa Kita alias GK Hebat, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang akselerasi bisnis pengolahan makanan dan minuman.

Direktur Utama Panca Mitra Multiperdana Martinus Soesilo mengatakan kedua perusahaan sepakat untuk bekerja sama dalam menjajaki sejumlah peluang bisnis terkait produk dan memberikan dukungan dalam melakukan adaptasi digital serta meningkatkan literasi digital dalam seluruh proses operasional perusahaan.

"Kami menyambut baik adanya kerjasama strategis ini untuk meningkatkan penetrasi pasar lokal Perseroan, khususnya pada sektor UMKM," kata Martinus dalam siaran persnya, Selasa (9/11/2021).


"Selain itu, PMMP dan GK Hebat juga akan bersama-sama membentuk tim digitalisasi, didukung oleh salah satu lini bisnis GK Hebat yaitu GK Plug and Play, yang nantinya akan berfokus pada identifikasi proses bisnis dan operasional Perseroan dan menghasilkan inovasi inovasi digital yang dapat diimplementasikan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja Perseroan," terangnya lagi.

Dia menjelaskan, saat ini perusahaan sedang berfokus untuk melakukan penetrasi lokal sebagai bagian dari strategi bisnisnya untuk meningkatkan kinerjanya pada tahun-tahun berikutnya.

Dalam lima tahun ke depan, perusahaan menargetkan pendapatan usaha dari segmen domestik kami mampu tumbuh dengan CAGR 50% - 70%.

Kerja sama kedua perusahaan ditandai dengan masuknya GK Hebat sebagai salah satu pemegang saham perusahaan. Masuknya investor strategis ini dilakukan kemarin, Senin (8/11/2021) di pasar nego.

Transaksi yang dilakukan sebanyak 188.240.000 lembar atau sebesar 8% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh perusahaan dengan harga Rp 490/saham. Nilai transaksi tersebut mencapai Rp 92,24 miliar.

Daham ini ditransaksikan oleh investor lokal melalui broker PT Trimegah Sekuritas Tbk (LG) bertindak sebagai penjual sementara sebagai pihak pembeli melalui broker PT Aldiracita Sekuritas Indonesia (PP).

Mengacu kepada keterbukaan informasi yang disampaikan perusahaan pagi ini, saham yang dilepas merupakan milik PT Tiga Makin Jaya (TMJ) yang merupakan pemegang saham pengendali perusahaan.

TMJ memiliki sebanyak 1,2 miliar saham atau setara dengan 51%. Setelah transaksi ini, kepemilikan perusahaan bersisa 1,01 miliar saham atau 43%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Simak 7 Kabar Penting, Buat Referensi Cari Cuan Hari Ini


(hps/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading