Gandeng Emirates, Penumpang Garuda Bisa ke UEA-Afrika-Eropa

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
08 November 2021 17:20
Airbus A380

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen maskapai penerbangan BUMN, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menyebutkan kerja sama codeshare yang dilakukan dengan Emirates akan membuka rute penerbangan lebih luas bagi perusahaan.

Bahkan Garuda nantinya akan memiliki rute penerbangan dari Uni Emirate Arab (UEA) hingga Inggris dan Mesir.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan kerja sama ini akan memperluas jaringan penerbangan kedua maskapai dan akan berlaku efektif mulai 2 Januari 2022 mendatang.


"Garuda Indonesia akan mendapatkan kemudahan akses ke berbagai destinasi yang dioperasikan oleh Emirates di antaranya Dubai [UEA], Bahrain, Moskow, Johannesburg [Afrika Selatan], Kairo [Mesir], London dan Manchester," kata Irfan dalam siaran persnya, Senin (8/11/2021).

Sebagai informasi codeshare, adalah perjanjian bisnis penerbangan di mana dua maskapai berbagi penerbangan yang sama.

Sebuah kursi (seat) dapat dibeli oleh penumpang di satu maskapai penerbangan namun sebenarnya dioperasikan oleh maskapai rekanan di bawah nomor dan kode penerbangan yang berbeda.

Adapun keuntungan bagi penumpang Emirates, mereka akan dapat melaksanakan perjalanan ke Indonesia melalui Jakarta dapat menikmati layanan penerbangan lanjutan ke berbagai destinasi prioritas di Indonesia seperti Denpasar, Surabaya, Makassar, Balikpapan , Manado, Medan, Padang, dan Solo.

Dia menjelaskan, layanan ini dapat dinikmati secara end-to end mulai dari pemesanan tiket, hingga kebijakan bagasi (baggage check-through) yang dapat diambil di destinasi akhir.

Kedua maskapai juga akan menjajaki peluang kerja sama dalam pengelolaan program frequent flyer yang memungkinkan penumpang untuk mendapatkan dan menukarkan poin yang telah diperoleh ke dalam bentuk tiket penerbangan maupun manfaat eksklusif lainnya.

CMO Emirates Adnan Kazim mengatakan Indonesia merupakan salah satu pasar yang penting bagi maskapai penerbangan ini. Sehingga kerja sama ini akan memperkuat jaringan Emirates di Indonesia.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Garuda Indonesia dan berharap dapat terus memperkuat kemitraan kami sehingga membawa lebih banyak manfaat berharga bagi pelanggan kami dan pengalaman perjalanannya," terangnya.

Untuk diketahui, saat ini Garuda telah memiliki kerja sama codeshare dengan sedikitnya 24 mitra maskapai di seluruh dunia yang menghubungkan para penumpang Garuda Indonesia ke berbagai pilihan destinasi di seluruh dunia.

Seperti diberitakan sebelumnya, kedua perusahaan telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dan Chief Commercial Officer Emirates, Adnan Kazim pada Kamis (4/11/2021) lalu di Dubai.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dubes RI di UEA: BSI Bisa Jadi Daya Tarik Bisnis ke Indonesia


(tas/tas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading