Siapa DP World yang Garap Bisnis Bareng SWF Jokowi?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
01 November 2021 13:45
SWF, Istana Negara (Biro Pers RI/Muchlis Jr)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dana abadi Indonesia atau sovereign wealth fund (SWF) bernama Indonesia Investment Authority (INA) melakukan kerja sama dengan DP World dengan nilai US$ 7,5 miliar atau Rp 106,50 triliun (asumsi kurs Rp 14.200/US$) dalam jangka panjang.

DP World merupakan perusahaan penyedia jasa solusi logistik yang berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab.

Perusahaan ini beroperasi berbasis data yang diklaim menghadirkan teknologi kelas dunia dan praktik terbaik untuk mengembangkan terminal dan aset pelabuhan baru.


Saat ini perusahaan telah memberikan melalui jaringan global yang saling terhubung dari 181 unit bisnis di 64 negara di enam benua.

Perusahaan menangani layanan sebesar 58,4 juta TEUS secara global hingga akhir September 2021 lalu. Angka tersebut meningkat 11,9% secara tahunan (year on year/YoY).

Pertumbuhan volume bruto di periode ini didorong oleh oleh Asia Pasifik, India, Timur Tengah & Afrika dan Australia dengan kinerja yang kuat dari Qingdao (China), Mumbai (India) dan Sokhna (Mesir).

Dengan adanya kerja sama di Indonesia, nantinya perusahaan ini akan memperkenalkan praktik terbaik globalnya termasuk optimalisasi operasi, inovasi layanan, teknologi disruptif, dan prinsip keselamatan.

Teknologi logistik mutakhir mencakup penumpukan otomatis sepenuhnya untuk menghilangkan inefisiensi, sistem hyperloop untuk pengiriman kargo cepat, dan 100% sarana transportasi kargo listrik yang berkelanjutan.

DP World dan INA akan membentuk konsorsium dan tim kerja untuk menjajaki investasi infrastruktur logistik di Indonesia, termasuk investasi hinterland, terminal darat, taman kargo, sistem jaringan pengumpan, transportasi darat, dan kawasan industri.

Selain itu, perusahaan yang berkantor pusat di Dubai ini juga akan menjajaki kerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading