Dari Rugi, MIND ID Cetak Kenaikan Laba Gila-gilaan Rp9,8 T

Market - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
28 October 2021 16:17
Mind ID

Jakarta, CNBC Indonesia - BUMN Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID), yang beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, mencatatkan keuntungan besar hingga kuartal III 2021.

MIND ID mencatatkan kenaikan laba bersih menjadi Rp 9,8 triliun selama periode Januari hingga 30 September 2021, dibandingkan periode yang sama tahun 2020 di mana perusahaan mencatat rugi bersih Rp 1,4 triliun.

CEO Grup MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan, "Sejak awal tahun 2021, MIND ID menempatkan perhatian utama pada aspek operasional anggota MIND ID. Inovasi operasional dilakukan untuk menghasilkan proses bisnis yang lebih efektif dan efisien dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat."


Berdasarkan keterangan resmi perseroan, MIND ID membukukan total pendapatan sebesar Rp 63,8 triliun pada sembilan bulan pertama tahun 2021 (9M21) ini, lebih tinggi 35% dibandingkan periode yang sama 2020. Tiga kontributor terbesar pendapatan berasal dari komoditas batu bara, emas dan timah. Perusahaan mencatat Net Profit Margin sebesar 15,4%, meningkat dibandingkan capaian sebesar -3,0% pada periode yang sama tahun lalu.

Profitabilitas MIND ID ditunjukkan dengan capaian Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) sebesar Rp19,8 triliun pada 9M21, dengan EBITDA Margin sebesar 31,0%, lebih tinggi 179% dari capaian 9M20.

Pada kuartal 4 tahun 2021, perusahaan akan fokus untuk mendorong tingkat produksi dan penjualan, optimalisasi sinergi Grup MIND ID, mencapai milestone proyek hilirisasi dan menjaga likuiditas perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading