Sederet Langkah BRI Bantu Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Market - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
28 October 2021 16:05
BRI

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mendukung program pemulihan ekonomi nasional. Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menjelaskan, dukungan diberikan terutama melalui pemulihan sektor UMKM sebagai penggerak perekonomian.

Menurut dia, seperti sektor lainnya, perbankan terdampak pandemi karena semua berasal dari perbankan. Adapun ia menjelaskan alasan pentingnya UMKM dalam program pemulihan ekonomi nasional.

"Ini penting karena pertama adalah nasabah kita sebagian UMKM. Kedua, kontribusi UMKM sangat besar. Fokusnya adalah kita begitu pandemi kena, kita selamatkan dulu UMKM melalui restrukturisasi dari pinjaman berikutnya," papar dia dalam Presscon Kick-off HUT 126 BRI Memberi Makna Indonesia, Kamis (28/10/2021).


Selain itu, terang Catur, BRI memberikan program pendampingan dan pembinaan bisnis bagi UMKM. Dukungan lainnya dalam program pemulihan ekonomi nasional adalah membantu pemerintah dalam mendistribusikan bantuan sosial dan sarana kesehatan seperti vaksinasi.

"Di Indonesia kita punya teras kapal ada di empat tempat yang menjangkau di pulau-pulau terluar. Itu sarana yang kita gunakan untuk memberikan vaksin kepada masyarakat di daerah terpencil," ungkap Catur.

Diketahui, saat ini BRI juga telah meluncurkan program Desa BRILian yakni desa binaan BRI. Program ini merupakan langkah dalam mengembangkan ekonomi pedesaan melalui suatu ekosistem pedesaan.

"Kalau desa itu memiliki potensi daripada wisata, ya wisata kita dorong. Punya industri yang berkaitan dengan pertanian, ya pertanian kita dorong. Ada klaster industri kreatifnya, ya industri kreatifnya," jelas Catur.

Adapun saat ini terdapat 800 desa binaan BRI dalam program Desa BRILian. Desa-desa tersebut terbagi ke dalam bermacam kelompok, seperti wisata, pangan, perdagangan, hingga air bersih.

Dia menyebut, program DesaBRilian bertujuan agar suatu ekosistem di dalam desa bisa lebih optimal sehingga dapat memberikan manfaat bagi ekonomi di desa. 

Menjelang usia 126 tahun, BRI berkomitmen tetap tangguh dan tetap fokus pada UMKM. Setelah hampir 2 tahun Indonesia dilanda pandemi, BRI konsisten membantu UMKM untuk bertahan dan naik kelas.

"Ke depan kita juga harus bisa bersama-sama bangkit untuk pemulihan ekonomi nasional. Tentunya tantangannya masih ada pembatasan-pembatasan. Tapi tetap optimistis, untuk bekerja lebih baik," kata dia.

Perusahaan telah memberikan bantuan kepada lebih dari 80% UMKM melalui restrukturisasi pinjaman dan pembinaan bisnis. Menurut Catur, UMKM memiliki kontribusi terhadap perekonomian nasional.

"Maka kalau kita membantu UMKM, kita membantu perekonomian negara. Nah, dengan membantu UMKM, berarti kita membuka lapangan pekerjaan," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading