Harga Batu Bara "Ngamuk", Beban Industri Domestik Kian Berat

Video

Harga Batu Bara "Ngamuk", Beban Industri Domestik Kian Berat

Market - CNBC Indonesia TV, CNBC Indonesia
22 October 2021 19:18

Jakarta, CNBC Indonesia- Lonjakan Harga komoditas batu bara yang menembus USD 200 per ton mampu mengerek naik kinerja pengusaha sektor batu bara sekaligus mendorong peningkatan devisa negara.

Namun demikian kondisi yang berkebalikan harus dialami oleh industri dalam negeri yang menjadikan batu bara sebagai sumber energi, termasuk sektor semen hingga tekstil yang harus membayar lebih mahal pembelian batu bara sebagai bahan bakar Imbasnya ongkos produksi harus naik 25-30%.

Selain itu pasokan batu bara dalam negeri di masa kenaikan harga ini menjadi seret dan terbatas. Seperti apa kondisi industri dalam negeri di masa commodity supercycle ini? dan bagaimana upaya Kemenperin dalam mendorong keamanan pasokan batu bara bagi industri domestik? Selengkapnya simak dialog Syarifah Rahmad dengan Ketua Umum Asosiasi Semen Indonesia (ASI), Widodo Santoso Serta Ketua Dewan Penasihat Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Ade Sudrajat dan Direktur Industri Semen, Keramik & Pengolahan Bahan Galian Non Logam Kemenperin, Ignatius Warsito dalam Evening Up, CNBC Indonesia (Jum'at, 22/10/2021)

Saksikan live streaming program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini
Video Terpopuler
    spinner loading