Harga Minyak Rekor Lagi!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
21 October 2021 07:04
Plastic canisters are lined up next to a petrol pump as people queue to buy gasoline at a gas station in Salamanca, Guanajuato state, Mexico, January 8, 2019. REUTERS/Daniel Becerril

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak dunia naik lagi pagi hari ini. Kenaikan tersebut membuat harga si emas hitam mengukir rekor baru.

Pada Kamis (21/10/2021) pukul 06:09 WIB, harga minyak jenis brent berada di US$ 85,82/barel. Naik 0,87% sekaligus menjadi rekor tertinggi sejak Oktober 2018.

Sementara yang jenis light sweet harganya US$ 83,66/barel. Bertambah 0,84% dan menjadi yang tertinggi sejak Oktober 2014.


Kenaikan ini terjadi setelah US Energy Agency merilis data stok minyak Amerika Serikat (AS). Pekan lalu, stok minyak di Cushing (Oklahoma) turun 431.000 barel pekan lalu menjadi 426,5 juta barel. Jauh dari ekspektasi pasar, di mana konsensus yang dihimpun Reuters memperkirakan terjadi kenaikan 1,9 juta barel.

Tingginya permintaan membuat stok minyak AS terus keluar. Ini tidak dibarengi dengan peningkatan produksi sehingga stok terkuras.

"Tidak masuk akal secara ekonomi untuk terus menahan stok saat barang bisa terjual. Saya memperkirakan stok di Cushing akan terus keluar," kata Andrew Lipow, Presiden Lipow Oil Associates yang berbasis di Houston (Texas), seperti dikutip dari Reuters.

Selain itu, tingginya harga gas alam juga membuat peralihan ke minyak meningkat. Pangeran Abdulaziz Bin Salman, Menteri Energi Arab Saudi, memperkirakan hal ini membuat permintaan minyak bertambah 500.000-600.000 barel/hari.

"Orang-orang terbangun dan sadar mereka kekurangan segalanya. Kreativitas dalam mengatasi masalah ini menjadi hal yang penting," tegas Pangeran Abulaziz dalam acara CERA Week India Energy Forum, juga dikutip dari Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading