Tembus Rekor Baru, Harga Minyak Makin Hari Makin Mahal

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
20 October 2021 07:15
Pengendara motor mengatre untuk mengisi bahan bakar Pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (17/9/2020). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak dunia bergerak naik pada perdagangan pagi ini. Bukan sekadar naik, tetapi mencatat rekor terbaru.

Pada Rabu (20/10/2021) pukul 05:27 WIB, harga minyak jenis brent berada di US$ 85,08/barel. Naik 0,89% sekaligus menjadi yang tertinggi sejak Oktober 2018.

Sementara yang jenis light sweet harganya US$ 82,97/barel. Naik tipis 0,01% tetapi menjadi rekor tertinggi sejak Oktober 2014.


Krisis energi dunia masih menjadi latar belakang kenaikan harga si emas hitam. Semua bermula dari kenaikan harga gas alam yang gila-gilaan, mencapai nyaris 100% sejak awal tahun.

Ini membuat pencarian akan sumber energi alternatif menjadi marak. Selain batu bara, minyak juga menjadi pilihan untuk pembangkit listrik.

Padahal permintaan minyak untuk transportasi juga meningkat karena berbagai negara sudah melonggarkan aktivitas dan mobilitas masyarakat seiring perlambatan pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Sekarang baik itu pembangkit listrik maupun kendaraan sama-sama mengincar minyak. Tingginya permintaan ini yang membuat harga minyak melesat.

"Saat ini pasar sedang mengalami kekurangan pasokan. Akibatnya, stok semakin terkuras dan harga minyak naik terus," ujar Louise Dickson, Senior Oil Market Analyst di Rystad Energy, seperti dikutip dari Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading