Wadidaw! Anak Muda Inggris Main Kripto Seperti 'Berjudi'

Market - Sandi Ferry, CNBC Indonesia
20 October 2021 13:00
Gambar Cover, Uang Kripto

Jakarta, CNBC Indonesia - United Kingdom Financial Conduct Authority (UKFCA) atau Badan pelayanan finansial di Inggris mengungkapkan bahwa banyak anak muda yang berinvestasi kripto dan produk berisiko lainnya karena saling berkompetisi yang spekulatif . Jumlahnya tidak sedikit, yakni mencapai seperti anak muda di bawah usia 40 tahun.

"Kami melihat lebih banyak orang mengejar keuntungan tinggi. Tetapi pengembalian yang tinggi dapat berarti risiko yang lebih tinggi," kata Sarah Pritchard, direktur eksekutif pasar di FCA dilansir dari CNBC.

Namun, 21% diantaranya mengatakan mereka mempertimbangkan untuk menahan investasi terbaru mereka selama lebih dari satu tahun ini.


Penelitian ini terbit pada Rabu lalu, yakni hasil dari 1.000 responden berusia 18-40 yang berinvestasi dalam satu atau lebih produk investasi berisiko tinggi.

Sementara itu, 68% responden membandingkan investasi dalam aset tersebut dengan perjudian. Lebih dari setengah (58%) responden mengatakan mereka melakukan investasi berisiko tinggi setelah mendengarnya di berita atau media sosial.

Bitcoin memang instrumen yang sangat berisiko tinggi. Harga saat ini mendekati level tertinggi sepanjang masa setelah mencapai $60.000 minggu lalu. Namun, mata uang digital terbesar di dunia ini dikenal sangat fluktuatif, turun dari lebih dari $64.000 pada bulan April menjadi di bawah $30.000 pada bulan Juli. Harganya masih lebih dari dua kali lipat sepanjang tahun ini.

"Kami ingin memberi konsumen kepercayaan diri yang lebih besar untuk berinvestasi dan membantu mereka melakukannya dengan aman, memahami tingkat risiko yang terlibat." kata Pritchard.

Regulator mengatakan telah meminta bantuan peraih medali emas Olimpiade BMX Charlotte Worthington untuk peringatan kampanye tentang bahaya berinvestasi dalam aset berisiko tinggi.

Awal tahun ini, FCA memperingatkan bahwa kelompok konsumen baru, lebih muda, lebih beragam terlibat dalam investasi berisiko lebih tinggi, mengutip munculnya aplikasi perdagangan online sebagai salah satu penyebab potensial.

Investor amatir masuk ke pasar saham tahun ini, menggunakan platform seperti Robinhood dan Reddit, yang sebenarnya masuk ke perdagangan yang bergejolak.

Pada hari Senin, Komisi Sekuritas dan Bursa AS mengatakan Robinhood dan perusahaan pialang online lainnya telah melakukan investasi untuk mendorong aktivitas dari pengguna.

Perlu dicatat, Cryptocurrency tidak diatur di Inggris, artinya orang tidak dilindungi oleh undang-undang perlindungan konsumen jika dana mereka hilang karena alasan apa pun - misalnya dalam peretasan di bursa.

Pada awal tahun ini, FCA memperingatkan investor crypto harus siap kehilangan semua uang mereka.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bitcoin Cs Bakal Picu Penggunaan Pembangkit Panel Surya


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading