Harga Sawit Rontok 2% Lebih! Jangan Panik, Nanti Naik Lagi...

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
14 October 2021 11:34
Panen tandan buah segar kelapa sawit di kebun Cimulang, Candali, Bogor, Jawa Barat. Kamis (13/9). Kebun Kelapa Sawit di Kawasan ini memiliki luas 1013 hektare dari Puluhan Blok perkebunan. Setiap harinya dari pagi hingga siang para pekerja panen tandan dari satu blok perkebunan. Siang hari Puluhan ton kelapa sawit ini diangkut dipabrik dikawasan Cimulang. Menurut data Kementeria Pertanian, secara nasional terdapat 14,03 juta hektare lahan sawit di Indonesia, dengan luasan sawit rakyat 5,61 juta hektare. Minyak kelapa sawit (CPO) masih menjadi komoditas ekspor terbesar Indonesia dengan volume ekspor 2017 sebesar 33,52 juta ton. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) anjlok pada perdagangan jelang siang hari ini. Sepertinya investor belum puas mengeruk untung dari CPO, yang memang sangat menggiurkan.

Pada Kamis (14/10/2021) pukul 10:43 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 4.899/ton. Turun 2,43% dari posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Aksi ambil untung (profit taking) masih membayangi langkah CPO. Meski hari ini ambles, tetapi harga komoditas tersebut masih membukukan kenaikan 10,34% dalam sebulan terakhir. Sejak akhir 2020 (year-to-date), harga CPO melesat 36,08%.


Jadi wajar saja investor bernafsu mengeruk cuan dari CPO. Sebab yang didapat memang tidak main-main.

Apalagi kemarin harga CPO ditutup di MYR 5.021/ton. Ini adalah rekor tertinggi sepanjang sejarah perdagangan CPO.

Halaman Selanjutnya --> Harga CPO Masih Kuat Nanjak

Harga CPO Masih Kuat Nanjak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading