Harga Minyak Sudah Naik 60% Lebih! Bahaya Ini...

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
13 October 2021 08:04
Plastic canisters are lined up next to a petrol pump as people queue to buy gasoline at a gas station in Salamanca, Guanajuato state, Mexico, January 8, 2019. REUTERS/Daniel Becerril

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak dunia bergerak turun pada perdagangan pagi ini. Maklum, pasti akan tiba waktunya investor mencairkan keuntungan.

Pada Rabu (13/10/2021) pukul 07:08 WIB, harga minyak jenis brent berada di US$ 83,42/barel. Turun 0,27% dari posisi hari sebelumnya.

Sementara yang jenis light sweet harganya US$ 80,3/barel. Berkurang 0,42%.


Dinamika krisis energi dunia masih menjadi faktor utama yang menggerakkan harga si emas hitam. Berbagai negara mulai dari India, China, sampai Inggris berburu minyak sebagai alternatif sumber energi primer pembangkit listrik pengganti gas alam yang harganya semakin mahal. Ini membuat harga brent dan light sweet sejak akhir 2020 (year-to-date) meroket masing-masing 60,42% dan 65,62%.

DI Inggris, sekitar 10% SPBU di sekitar London masih kosong dan belum terisi kembali setelah bulan lalu terjadi panic buying. Sisanya ketar-ketir karena tidak ada kepastian apakah pengiriman berikutnya akan datang atau tidak.

"Sekarang orang jadi bertanya-tanya. Apakah harga energi yang tinggi bisa menurunkan pertumbuhan ekonomi? Apakah peningkatan permintaan energi adalah hal yang baik," tegas Phil Flynn, Analis di Price Futures Group, seperti dikutip dari Reuters.

Komentar Flynn cocok dengan kabar dari Dana Moneter Internasional (IMF). Dalam World Economic Outlook terbaru edisi Oktober 2021, lembaga yang berkantor pusat di Washington DC itu menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini jadi 5,9% dari sebelumnya 6%.

gdpSumber: IMF

Hal yang baik tetapi kalau terlalu banyak memang bakal menjadi buruk. Seperti lagu salah satu kelompok musik terhebat sepanjang masa, Queen: too much love will kill you...

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Afghanistan Mencekam, Harga Minyak Jeblok Nyaris 1%!


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading