Bye! RI Jajaki Tinggalkan Dolar AS Dengan 2 Negara Ini

Market - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
06 October 2021 18:27
ilustrasi uang

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah menjajaki perjanjian kerjasama penggunaan mata uang lokal (local currency settlement/LCS) dengan Filipina dan Singapura.

Melalui transaksi LCS, maka transaksi perdagangan dan investasi antara Indonesia dan kedua negara tetangga ini tidak lagi menggunakan dolar Amerika Serikat (AS), melainkan akan langsung menggunakan rupiah, peso Filipina, dan dolar Singapura.

"Indonesia sudah menjejaki kerjasama penggunaan LCS dengan Jepang, China, Thailand, Malaysia dan sekarang sedang proses dengan Filipina, Singapura, dan negara lainnya," ujar Perry dalam sebuah webinar, Rabu (6/10/2021).


Perry menjelaskan, penggunaan mata uang lokal dalam transaksi perdagangan dan investasi dengan negara mitra dagang dan investasi, akan membuat mudah dan efisien para pelaku bisnis.

"LCS untuk membuat stabilitas dan efisiensi ekonomi dan bisnis. Jadi, tidak perlu untuk mengkonversi lagi ke dollar AS," ujarnya.

Sebagai informasi, BI telah menyepakati penggunaan mata uang lokal dengan otoritas setempat di Thailand dan Malaysia pada 2018. Kemudian disusul Jepang pada 2020 dan China pada 2021.

Sejak kesepakatan diteken dengan Malaysia, nilai perdagangan antara Indonesia dengan negeri jiran itu mencapai 1,4% dari total perdagangan kedua negara pada 2018. Kemudian, naik menjadi 3% dari total perdagangan pada 2019 dan 4,1% pada 2020.

Begitu pula dengan Thailand, dari semula 0,6% dari total perdagangan pada 2018, kini menjadi lebih dari 1% pada 2020.

Sementara dengan Jepang, penggunaan mata uang lokal awalnya hanya 0,7% dari total perdagangan kedua negara pada kuartal I 2020, tapi kini sudah mencapai 3% dari total perdagangan.

Sebelumnya, Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan BI, Donny Hutabarat juga mengungkapkan bank sentral tengah menjajaki perjanjian kerjasama LCS dengan India dan Korea Selatan.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading