FREN Caplok Saham Moratelindo, Apa Benar Alibaba Mau Masuk?

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
06 October 2021 16:12
smartfren

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten menara telekomunikasi yang dimiliki Grup Sinar Mas, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN), melalui anak usahanya, PT PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) akan mengakuisisi 65% saham perusahaan pengelola satelit, PT Indo Pratama Teleglobal.

Rencana akuisisi ini turut dibenarkan Corporate Secretary FREN, James Wewengkang dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia.

"Pemberitaan mengenai akan berlangsungnya transaksi yang melibatkan Moratelindo dalam rencana akusisi 65% saham PT Indo Pratama Teleglobal (IPT) adalah benar adanya. Perseroan saat ini memiliki 20,5% penyertaan saham di Moratelindo," kata James.


Meski menjadi pemegang saham di Moratelindo, FREN tidak menjadi pemegang saham pengendali dan laporan keuangan Moratelindo tidak terkonsolidasi dengan laporan keuangan FREN.

Menurut sumber di kalangan pelaku pasar modal, setelah Moratelindo menyerap saham FREN, ada kabar perusahaan Jack Ma, Alibaba akan membeli kepemilikan saham FREN di akhir tahun.

Seperti diketahui, sebelumnya pada 23 September 2021 lalu, pemegang saham menyetujui rencana pengambilalihan 145.730 saham setara 65% kepemilikan Indo Pratama Teleglobal dari PT Telekomunikasi Nusantara Sejahtera senilai Rp 18,21 miliar pada 23 September 2021.

Sementara itu, CEO PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo), Galumbang Menak mengungkapkan, pertimbangan akuisisi tersebut lantaran saat ini perseroan mulai beroperasi di timur Indonesia khususnya Papua yang tidak mungkin semua daerah terjangkau dengan jaringan fiber optik.

"Kita perlu satelit menjangkau daerah yang tidak mungkin digelar kabel, atau belum memungkinan, suatu saat bisa jadi mungkin bila akses jalan dan demand sudah tumbuh," kata Galumbang, saat dihubungi CNBC Indonesia, Rabu (6/10/2021).

Di samping itu, kata dia, mengingat rute ke Timur Indonesia masih belum full redundant satelite, bisa menjadi alternatif kembali manakala ada gangguan di jaringan fiber optik.

Indo Pratama Teleglobal merupakan perusahaan vendor infrastruktur Very Small Aperture Terminal (VSAT). Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000 yang saat ini juga menyediakan layanan internet, komunikasi data, satelit telepon internet, pusat data dan pemulihan bencana dan solusi bisnis berbasis internet lainnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading