Ambyar! Harga Minyak Sawit Anjlok Hampir 5%

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
17 September 2021 11:50
Pekerja mengangkut kelapa sawit kedalam jip di Perkebunan sawit di kawasan Candali Bogor, Jawa Barat, Senin (13/9/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) jatuh pada perdagangan jelang siang hari ini. Bagaimanakah nasib harga CPO ke depan?

Kemarin, kontrak CPO tidak diperdagangkan karena Bursa Malaysia tutup memperingati Hari Malaysia. Setelah pasar dibuka lagi, sayangnya harga CPO langsung ambrol.

Pada Jumat (17/9/2021) pukul 11:03 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 4.227/ton. Anjlok 4,8% dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelum libur Hari Malaysia.


Akan tetapi, investor tidak perlu cemas. Sebab, prospek harga CPO masih cerah, ke depan bisa bangkit lagi.

Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan harga CPO akan mampu menembus titik resistance terdekat yang berada di MYR 4.439/ton. Penembusan ini akan membawa harga naik lagi menuju MYR 4.507/ton.

Tren kenaikan harga CPO, lanjut Wang, dimulai di titik MYR 4.150/ton. Tren ini dibagi dalam tiga gelombang, dan saat ini sudah masuk ke gelombang C yang bisa membawa harga ke arah MYR 4.507/ton.

cpoSumber: Reuters

Namun harga CPO yang naik ke atas MYR 4.500/ton sepertinya masih terlalu muluk dalam jangka pendek. Untuk saat ini, titik resistance selanjutnya yang harus ditembus adalah MYR 4.407/ton. Jika ini sudah tertembus, maka target berikutnya ada di MYR 4.407/ton.

"Tren bullish ini tampak di grafik pergerakan harga harian. Jika kemudian titik resistance selanjutnya di MYR 4.493/ton kembali tertembus, maka target harga bisa dinaikkan menjadi MYR 4.878/ton," sebut Wang dalam risetnya.

cpoSumber: Reuters

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading