Terima Kasih Pak Luhut! Sentimen PPKM buat IHSG Ditutup Hijau

Market - Putra, CNBC Indonesia
14 September 2021 15:42
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan memberi keterangan pers update penanganan Covid-19. (Tangkapan Layar Youtube Perekonomian RI) Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan memberi keterangan pers update penanganan Covid-19. (Tangkapan Layar Youtube Perekonomian RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup di zona hijau hari ini, Selasa (14/9), dengan penguatan sebesar 0,67% ke 6.129,1.

Pernyataan Luhut Binsar Pandjaitan, Koordinator PPKM Jawa-Bali yang juga Menko Maritim dan Investasi RI, yang mengatakan Covid-19 di Tanah Air semakin terkendali dan pelonggaran bertahap yang diambil membuat indeks semringah.

Data BEI mencatat, transaksi di pasar mencapai Rp 14,92 triliun. Sebanyak 306 saham menguat, 193 melemah dan sisanya 160 stagnan. Asing melakukan beli bersih di pasar regular sebesar Rp 444,2 miliar.


Saham yang paling banyak diborong oleh asing adalah saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) sebesar Rp 236,2 miliar dan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebesar Rp 95,7 miliar.

Kemudian saham yang paling banyak dilego oleh asing adalah saham BUMN tambang PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang dilepas asing sebesar Rp 103,2 miliar.

Dalam konferensi pers Senin malam, Luhut mengungkapkan berbagai indikator sudah mengalami perbaikan. Pernyataan ini langsung menjadi sentimen positif yang berhasil mengangkat IHSG di sesi I.

Konfirmasi kasus positif corona sudah turun 93% dibandingkan posisi puncak pada pertengahan Juli 2021. Khusus di Jawa-Bali, penurunannya mencapai 96%.

Kemudian kasus aktif juga terus menurun, sekarang sudah di bawah 100.000. Kasus aktif adalah pasien yang masih dalam perawatan, baik di fasilitas kesehatan maupun secara mandiri.

"Seiring dengan kondisi Covid-19 membaik, implementasi protokol kesehatan, dan aplikasi Peduli Lindungi, ada penyesuaian yang dilakukan dalam periode minggu ini. Pembukaan bioskop dengan kapasitas 50% di kota Level 2 dan 3 dengan kewajiban aplikasi Peduli Lindungi sertra protokol kesehatan ketat. Hanya ketegori hijau yang diizinkan masuk area bioskop," kata Luhut, Senin (13/9).

"Lokasi wisata dibuka dengan protokol kesehatan ketat dan Peduli Lindungi di kota Level 3. Namun ada penerapan ganjil-genap di tempat wisata mulai Jumat sampai Minggu," terang Luhut lagi.

Tim Riset CNBC Indonesia menilai, perkembangan ini tentu positif bagi perekonomian nasional. 'Roda' ekonomi yang sempat macet karena PPKM ketat kini bisa bergulir kembali meski masih ada pembatasan di sana-sini.

Ada harapan ekonomi bisa tumbuh dan rakyat kembali bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang layak.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading