Tiga 'Setan' Gentayangan di Sekitar Harga Minyak!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
10 September 2021 08:39
Pengendara mengisi BBM di Salah satu SPBU, Kuningan, Jakarta, Minggu (10/2). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak dunia bergerak turun pada perdagangan hari ini. Namun koreksi harga si emas hitam tidak banyak, relatif tipis saja.

Pada Jumat (10/9/2021) pukul 07:24 WIB, harga minyak jenis brent berada di US$ 71,38/barel. Turun 0,1% dari hari sebelumnya.

Sementara yang jenis light sweet harganya US$ 68,02/barel. Berkurang 0,18%.


crudeSumber: Refinitiv

Berbagai sentimen memang tidak mendukung kenaikan harga minyak. Satu, pemerintah China mengungkapkan rencana untuk menggelontorkan cadangan minyak negara. Langkah ini dilakukan untuk mengendalikan harga.

Pada Agustus 2021, inflasi di level produsen (Producer's Price Index/PPI) tercatat 9,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Laju paling cepat sejak Agustus 2008. Penyebabnya adalah harga bahan baku yang tinggi, termasuk untuk sumber energi di mana minyak adalah salah satunya.

Oleh karena itu, pemerintahan Presiden Xi Jinping berencana 'mengguyur' pasar dengan stok minyak negara. Dengan begitu, harga diharapkan bisa turun dan tidak membebani dunia usaha.

"Ini adalah berita besar di pasar. Pasti akan melegakan bagi dunia usaha di China," ujar Edward Moya, Senior Market Analyst di OANDA, seperti dikutip dari Reuters.

Halaman Selanjutnya --> Tapering The Fed Ikut Tekan Harga Minyak

Tapering The Fed Ikut Tekan Harga Minyak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading