Mobile Banking Melesat, Bos BCA: Dana Capex IT Rp 5 T/tahun!

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
05 September 2021 13:51
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Tangkapan Layar Webinar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten perbankan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), mencatatkan kenaikan transaksi digital selama masa pandemi Covid-19. Hal ini seiring dengan pandemi yang membatasi mobilitas masyarakat, sehingga transaksi keuangan mulai beralih ke platform daring.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, transaksi internet banking BCA naik 33% dari 750 juta transaksi menjadi 1 miliar transaksi. Begitupun dengan transaksi mobile banking BCA melonjak 66% yoy dari 1,41 miliar kali menjadi 2,35 miliar kali per Juni 2021.

Menurut Jahja, dengan peningkatan transaksi digital tersebut, membuat BCA kian memprioritaskan keamanan data nasabah.


BCA telah melakukan sejumlah inovasi seperti haloBCA Apps serta menyiapkan belanja modal atau capital expenditure teknologi informasi. Setiap tahunnya, rata-rata BBCA mengalokasikan belanja modal sebesar Rp 5 triliun untuk belanja modal.

Hal ini dilakukan untuk mempercepat adaptasi digitalisasi yang kian mendukung ekosistem finansial dalam mendukung keamanan dan keandalan layanan transaksi.

Jahja menambahkan, upaya menciptakan ekosistem perbankan digital Indonesia yang aman dan nyaman membutuhkan kolaborasi berbagai pihak.

"Keamanan bertransaksi digital merupakan tanggung jawab bersama antara penyedia layanan perbankan maupun penggunanya," ujar Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja di acara webinar Hari Pelanggan Nasional, dikutip Minggu (5/9/2021).

Namun, Jahja mengingatkan seiring dengan pesatnya teknologi informasi, interaksi nasabah dengan BCA secara digital juga meningkat. Hal ini diikuti oleh risiko kejahatan teknologi, sehingga BCA terus meningkatkan sistem keamanan TI.

"Pengembangan sistem keamanan TI BCA dilakukan dengan tujuan untuk melindungi keamanan data dan memastikan sistem TI dapat selalu siap melayani transaksi nasabah, termasuk menangkal dan mengantisipasi cyber-crime serta potensi fraud," bebernya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading