Breaking News

Izin DPR, Pemerintah Minta (Lagi) Bantuan BI Beli SBN di 2022

Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
23 August 2021 15:31
Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Konferensi Pers KSSK Triwulan III 2021. (Tangkapan Layar youtube @Kemekeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) kembali menyepakati Surat Keputusan Bersama (SKB) jilid III. BI akan kembali membeli Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan sekaligus menanggung biaya bunga.

Demikianlah dikutip CNBC Indonesia dalam dokumen Kementerian Keuangan, Senin (23/8/2021). Dokumen tersebut merupakan bahan rapat antara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Komisi XI DPR RI. 

SKB ini terbagi atas dua kluster. Klaster pertama, BI akan berkontribusi atas seluruh biaya bunga untuk pembiayaan vaksinasi dan penanganan kesehatan dengan maksimum limit Rp 58 triliun pada 2021. Selanjutnya di 2022, BI juga akan kembali menanggung Rp 40 triliun. Dengan catatan sesuai kemampuan neraca BI.


Tingkat suku bunga reverse repo BI tenor 3 bulan akan ditanggung oleh Bank Indonesia (BI).

Sementara untuk klaster B adalah penanganan kesehatan selain klaster A dan pendanaan untuk berbagai program perlindungan bagi masyarakat dan UMKM. BI akan berkontribusi sebesar Rp 157 triliun dan 2022 sebesar Rp 184 triliun. Tingkat bunganya sama dengan klaster A, hanya saja ditanggung oleh pemerintah.

Dokumen tersebut juga tertera penjelasan bahwa penerbitan SBN dilaksanakan melalui private placement, mengurangi target lelang SBN dan dapat mengendalikan biaya utang.

Seluruh SBN diterbitkan dengan tingkat bunga mengambang dengan acuan suku bunga reverse repo BI tenor 3 bulan. SBN bersifat tradable dan marketable.

CNBC Indonesia sudah mencoba konfirmasi kepada Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia. Hanya saya hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Perry Warjiyo: Burden Sharing Tidak Ganggu Independensi BI


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading