Joss! Bitcoin Sentuh Harga Rp 720 Juta, Tertinggi 3 Bulan

Market - chd, CNBC Indonesia
23 August 2021 12:47
Ilustrasi Bitcoin (Photo by André François McKenzie on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga mata uang digital (kripto) dengan kapitalisasi pasar paling besar, yakni bitcoin akhirnya kembali menyentuh level harga sekitar US$ 50.000 per koin pada pagi hari ini.

Pada sekitar pukul 09:40 WIB, bitcoin pun sempat menyentuh level US$ 50.000. Selang satu jam, bitcoin perlahan naik kembali ke level US$ 50.067,57 per koin. Kapitalisasi pasarnya pun kini mencapai US$ 941 miliar.

Namun, bitcoin butuh perjuangan lebih untuk mencapai level tertingginya sepanjang masa di atas US$ 64.000 yang terbentuk pada April lalu.


Setelah mencapai rekor tertinggi sepanjang masanya pada April lalu, bitcoin terpaksa terjual habis dan ambruk dimulai pada Mei hingga Juli, bahkan ambruk hingga ke bawah US$ 30.000.

Salah satu penyebab utama ambruknya bitcoin pada Mei hingga Juli lalu adalah pengawasan peraturan baru dari otoritas China yang telah memaksa operasi penambangan bitcoin untuk ditutup dan dipindahkan ke tempat lain.

Namun sejak pertengahan Juli lalu, harga bitcoin mulai pulih dan terus meningkat.

Dalam beberapa hari terakhir, sentimen positif telah hadir di pasar cryptocurrency. Pekan lalu, Coinbase mengatakan akan membeli sebesar US$ 500 juta dalam bentuk kripto di neraca keuangannnya dan mengalokasikan 10% dari keuntungan ke dalam portofolio aset kripto.

Kabar positif lainnya, yakni dari Inggris, di mana platform pembayaran online, PayPal me-launching layanan cryptocurrency di Inggris pada hari ini.

Raksasa pembayaran online asal Amerika Serikat (AS) tersebut mengatakan bahwa mereka akan mengizinkan pelanggan di Inggris untuk membeli, menahan, dan menjual mata uang digitalnya mulai pekan ini.

Hal ini menandakan ekspansi internasional pertamanya dari produk kripto PayPal, yang pertama kali diluncurkan di AS pada Oktober tahun lalu.

"Ini berjalan sangat baik di AS, kami berharap hal itu juga akan berhasil di Inggris." kata Jose Fernandez da Ponte, general manager PayPal untuk blockchain dan kripto mengatakan kepada CNBC International.

Nantinya, fitur kripto PayPal dapat memungkinkan pelanggan untuk membeli atau menjual dalam bentuk bitcoin, bitcoin cash, ethereum, atau litecoin. Pengguna juga dapat melacak harga kripto secara real-time, dan menemukan konten pendidikan di pasar.

Sementara itu, koin digital lainnya juga lebih tinggi. Ethereum tercatat naik sekitar 3,6% ke level US$ 3.343,07 per koin pada pukul 10:49 WIB.

Menurut Vijay Ayyar, kepala pengembangan bisnis di perusahaan pertukaran cryptocurrency Luno, mengatakan bahwa ada banyak buyer yang mengambil posisi di sekitar level US$ 29.000 hingga US$ 30.000, ketika bitcoin tersentuh harga diskon 50% dari level tertinggi sepanjang masanya.

"Banyak pemain besar mengambil keuntungan dari harga tersebut, bitcoin mencoba kembali untuk menguji tertinggi sepanjang masanya" kata Ayyar, dikutip dari CNBC International.

Per Minggu (22/8/2021), nilai kapitalisasi pasar seluruh cryptocurrency mencapai lebih dari US$ 2,14 triliun, menurut data dari Coinmarketcap.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aturan Aset Kripto Diperketat, Harga Bitcoin Terjun Bebas


(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading