IHSG Berantakan! Asing Koleksi ASII-BBCA & Lepas BUKA-BBRI

Market - Chandra Dwi Pranata, CNBC Indonesia
10 August 2021 17:30
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup melemah pada perdagangan Selasa (10/8/2021). Indeks saham acuan nasional tersebut ditutup melemah 0,64% ke level 6.088,41.

Sejatinya IHSG sempat ambruk 1,2% lebih, akan tetapi di sesi kedua koreksi IHSG terpangkas. Koreksi pada hari ini membuat IHSG kembali keluar dari zona 6.100, pasca pengumuman perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Ibukota oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), meskipun dilakukan pelonggaran.

Data perdagangan mencatat nilai transaksi hari ini turun cukup signifikan menjadi Rp 12,7 triliun. Namun, investor asing kembali melakukan aksi beli bersih (net buy) sebesar Rp 2,9 miliar di pasar reguler. Sebanyak 187 saham naik, 308 saham turun dan 149 lainnya stagnan.


Dari daftar net buy, asing tercatat mengoleksi tiga saham berkapitalisasi pasar terbesar pada hari ini. Adapun tiga saham big cap tersebut yakni saham PT Astra International Tbk (ASII) dan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

Selain itu, asing juga mengoleksi saham emiten farmasi, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), saham emiten menara telekomunikasi, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), dan saham emiten konsumer furniture, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES).

Berikut saham-saham yang dikoleksi oleh investor asing pada hari ini.

Sementara dari daftar net sell, asing masih terus melepas saham e-commerce yang baru diperdagangkan di bursa selama tiga hari, yakni PT Bukalapak.com Tbk (BUKA).

Pada hari ini merupakan hari ketiga saham BUKA dilepas oleh asing dalam jumlah yang cukup besar, yakni mencapai Rp 142 miliar, lebih rendah dari perdagangan Senin kemarin yang dilepas asing sebesar Rp 629 miliar.

Selain itu, asing juga masih melepas saham bank big cap, yakni PT Bank Rakyat Indonesi Tbk (BBRI) pada hari ini. Adapun saham-saham yang dilepas oleh investor asing pada hari ini adalah:

Koreksi IHSG menjadi yang terburuk di tengah menguatnya sebagian bursa Asia Pasifik. Pemicunya adalah perpanjangan PPKM Level 4 hingga 16 Agustus 2021, terutama untuk wilayah Jawa dan Bali yang menyumbang 60% lebih perekonomian nasional.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi dalam keterangan pers virtual kemarin mengatakan PPKM Level 4 dilanjutkan meski terjadi penurunan kasus harian sebesar 59,6% dari puncak kasus di 21 Juli 2021.

"Momentum ini harus dijaga. Untuk itu atas arahan Presiden RI PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2 diperpanjang sampai 16 Agustus 2021," paparnya.

Untuk wilayah di luar Jawa dan Bali, beberapa daerah yang memberlakukan PPKM Level 4 akan diperpanjang hingga 23 Agustus.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading