Ambrol! Harga Emas Turun 2% Lebih, Saatnya Borong?

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
09 August 2021 08:30
Pegawai merapikan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Kamis (22/4/2021). Harga emas batangan yang dijual Pegadaian mengalami penurunan nyaris di semua jenis dan ukuran /satuan.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas dunia anjlok pada perdagangan pagi ini. Keperkasaan dolar Amerika Serikat (AS) jadi penyebab ambruknya harga sang logam mulia.

Pada Senin (9/8/2021) pukul 07:48 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 1.721,62/troy ons. Ambles 2,33% dari posisi akhir pekan lalu.


emas

Sepertinya harga emas terpukul oleh penguatan nilai tukar dolar AS. Pada pukul 07:50 WIB, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) menguat 0,1%.

Dalam sepekan terakhir, indeks ini menguat 0,82% secara point-to-point. Sementara selama sebulan ke belakang, kenaikannya hampir mencapai 1%.

emas

Kedua aset ini punya hubungan berbanding terbalik. Saat dolar AS menguat, maka harga emas melemah, demikian pula sebaliknya.

Ini karena emas adalah aset yang dibanderol dengan dolar AS. Ketika dolar AS mengalami apresiasi, maka emas jadi lebih mahal buat investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas turun, harga pun mengikuti.

Halaman Selanjutnya --> The Fed Segera Kurangi Stimulus Moneter?

The Fed Segera Kurangi Stimulus Moneter?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading