Internasional

Diam-diam, Investor Gojek Caplok Supermarket Inggris Rp 114 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
07 August 2021 16:43
FILE - In this June 18, 2015, file photo, Softbank Corp. CEO Masayoshi Son, right, Alibaba Group Executive Chairman Jack Ma, left, of China with Foxconn Chairman and CEO Terry Gou of Taiwan pose for photographers with Softbank's Pepper robot during a press conference in Maihama, near Tokyo. Son, the chief executive of Japanese technology company SoftBank Group Corp. said Thursday, June 25, 2020, that he is stepping down from the board of Chinese e-commerce giant Alibaba. (AP Photo/Shizuo Kambayashi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Investor kakap asal Jepang, Softbank tampaknya akan segera memiliki saham di raksasa supermarket Inggris, Morrisons setelah menaikkan harga tawarnya terhadap perusahaan tersebut.

Nilai yang ditawarkan mencapai 6,7 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 113,83 triliun (asumsi kurs Rp 16.990/£).

Melansir Business Leader, akuisisi ini dipimpin oleh konsorsium Fortress Investment Group yang merupakan perusahaan investasi milik Softbank.


Nilai akuisisi yang ditawarkan oleh Fortress mencapai £2,70 atau Rp 45,87 triliun, ditambah dividen khusus. Nilai ini meningkat 8% dari nilai penawaran sebelumnya.

Sementara itu, pihak Morrisons menyebutkan telah sepakat untuk merekomendasikan agar pemegang sahamnya untuk menerima peningkatan penawaran dari Fortress.

"Direktur Morrisons percaya bahwa peningkatan penawaran Fortress adalah demi kepentingan terbaik pemegang saham Morrisons secara keseluruhan, dan karenanya dengan suara bulat merekomendasikan agar pemegang saham Morrisons memilih mendukung resolusi yang diperlukan untuk menerapkan peningkatan penawaran Fortress," dalam sebuah tanggapan pihak Morrisons, dikutip Sabtu (7/8/2021).

Sementara itu, pihak Fortress menegaskan untuk berkomitmen akan bertanggungjawab atas evolusi Morrisons ke depannya.

"[Kami] tetap berkomitmen untuk menjadi pemilik baru Morrisons dan menjadi pelayan jangka panjang yang bertanggung jawab dari perusahaan Inggris yang hebat ini melalui tahap evolusi selanjutnya."

Di Indonesia, Softbank berinvestasi di penyedia layanan ride-hailing Tanah Air Gojek (sekarang di bawah Grup GoTo).

Gojek dan Tokopedia memang sudah resmi menggabungkan usaha (merger) dan menggunakan nama baru bernama GoTo. SoftBank dan Alibaba Group Holdings jadi pemegang saham terbesar raksasa internet Indonesia ini.

Dalam dokumen yang dilihat oleh Nikkei Asia Review, sebesar 58% saham GoTo akan dimiliki oleh Gojek dan sisanya 42% miliki Tokopedia.

Setelah diurai SoftBank Group akan menguasai 15,3% saham GoTo kemudian diikuti oleh Alibaba Group Holding dengan menguasai 12,6% saham perusahaan. Jangan lupa SoftBank adalah investor terbesar Alibaba dengan kepemilikan saham 20-25%.

Alibaba dan SoftBank menjadi investor yang menguasai 10% lebih saham GoTo. Investor lainnya seperti Google, Temasek hingga Gojek dan Tokopedia kepemilikannya di bawah 10%.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading