Menelusuri Prospek Saham BTPS, Masih Bisa Cuan?

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
06 August 2021 17:51
BTPS, Bank BTPN Syariah

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank BTPN Syariah (BTPS) masih direkomendasikan untuk posisi 'beli' dari beberapa analis. Harga saham perseroan saat ini berada di Rp 2.540/saham dan diprediksi masih bisa kembali ke posisi tertingginya yakni di atas Rp 4.000/saham.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus membeberkan analilsis untuk BTPS.

"Kami merekomendasikan BTPS untuk buy dengan target harga Rp 4.300," kata Maximilianus dalam risetnya dikutip Jumat (8/7/2021).


Harga target tersebut merefleksikan 4.3 kali P/B (price to book, nilai buku) 12 bulan berjalan.

"Pulihnya aktivitas bisnis dan konsumsi masyarakat di tahun 2021 menjadi trigger terhadap naiknya pertumbuhan kredit," ungkapnya.

Sampai semester I-2021, BTPN Syariah telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 10,05 triliun, tumbuh 15% (YoY, year on year), dibanding periode sebelumnya Rp 8,74 triliun.

Sementara pada periode tersebut, laba bersih BTPS tumbuh 89% menjadi Rp 770 miliar vs Rp 407 miliar di periode yang sama tahun 2020.

Manajemen BTPS, dalam public expose terakhir, juga berencana mengembangkan inovasi teknologi. Hal ini dilakukan agar nasabah lebih efektif dalam bertransaksi.

Perseroan tengah mengembangkan aplikasi teknologi yang mengoptimalkan peran nasabah inspiratif BTPN Syariah. Nantinya mitra dapat memperkenalkan dan membawa layanan perbankan dalam ekosistem terdekat mereka.

Bank juga telah mengoptimalkan proses automasi pelayanan, dimana seluruh tim di lapangan telah menggunakan aplikasi termutakhir dalam melayani nasabah prasejahtera produktif.

Economist and Fixed Income Analyst PT MNC Sekuritas, Tirta Gilang mengatakan pengembangan inovasi digital banking cukup memberikan sentimen positif.

"Bisa dilihat dari strategi BTPS fokus mengembangkan berbagai transformasi digital untuk keuangan inklusif,ini bisa menjadi story yang bagus," kata Tirta.

"Yang menjadi poin setiap bankers adalah transformasi digital. Dilihat PBV, net profitnya naik, kalau dilihat cukup tinggi secara tahunan, kemudian peningkatan revenue. PBV [price to book value] 2,86 kali, di bawah rata rata, sebenarnya ini sudah menarik untuk dikoleksi," imbuhnya.

Konsensus Revinitif mencatat target price BTPS berada di Rp 3.745/ saham atau masih bisa meningkat 47,46% dari posisi saat ini.

Data BEI mencatat, saham BPTS ditutup naik 1,57% di Rp 2.580/saham pada penutupan perdagangan Jumat ini (6/8), dengan kapitalisasi pasar Rp 19,88 triliun. Sepekan saham ini naik 8,86% dengan aksi beli asing sepekan Rp 39 miliar di pasar reguler.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading