Asing Borong Rp 200 M, IHSG Ditutup Anteng di 6.130

Market - Putra, CNBC Indonesia
03 August 2021 15:50
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di akhir perdagangan dengan apresiasi 0,56% ke level 6.130,57 di tengah keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperpanjang PPKM level 4 di Ibu Kota, dalam pengumuman tadi malam.

Data BEI mencatat, nilai transaksi hari ini sebesar Rp 13,3 triliun dan terpantau investor asing membeli bersih Rp 200 miliar di pasar reguler. Ada 244 saham naik, 269 saham turun, dan 137 saham stagnan.

Asing melakukan pembelian di saham PT Astra Internasional Tbk (ASII) sebesar Rp 92 miliar dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp 167 miliar.


Sedangkan jual bersih dilakukan asing di saham PT Bank Jago Tbk (ARTO) yang dilego Rp 39 miliar dan PT BFI FInane Tbk (BFIN) yang dijual Rp 27 miliar.

Pelaku pasar tak lagi mengkhawatirkan pandemi meski Jokowi memutuskan memperpanjang kebijakan PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021. Pasalnya, program tersebut terindikasi efektif menurunkan laju penyebaran virus Covid-19.

"PPKM Level 4 yang diberlakukan tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus kemarin telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya. Baik dalam hal kasus konfirmasi harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, dan persentase BOR [Bed Occupancy Rate, tingkat keterisian ranjang rumah sakit]," ujar Presiden, tadi malam dalam konferensi pers virtual.

Dalam sepekan terakhir, tambahan kasus positif harian rata-rata adalah 38.295 orang per hari, atau turun dibandingkan rerata 7 hari sebelumnya yaitu 40.429 orang per hari. Tren penurunan tersebut membuat pelaku pasar kian yakin bahwa risiko pandemi bisa teratasi.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading