Semester I-2021

Orang Tajir Mulai Belanja, Penjualan BMW-Rolls-Royce Melesat!

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
22 July 2021 09:55
BMW M3 (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pabrikan mobil asal Jerman, BMW Group Global, yang tercatat di Bursa Frankfurt, melaporkan kinerja penjualan di semester I-2021 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu di tengah pandemi Covid-19 secara global.

Hasilnya, sebanyak 1.339.080 kendaraan dari brand BMW, MINI dan Rolls-Royce dikirimkan ke pelanggan pada 6 bulan pertama 2021, naik hingga 39,1% untuk BMW Group Global (BMW AG), atau tertinggi sepanjang perusahaan ini berdiri.

Manajemen BWM menyatakan bahwa seluruh brand di bawah BMW Group mendapatkan hasil positif di 6 bulan pertama 2021 ini di seluruh dunia.


Jika dibandingkan hasil penjualan semester I-2021 dengan 2019 terdapat kenaikan sebesar 7,1%.

Di Indonesia, tahun ini BMW Group Indonesia juga mencatatkan hasil positif dengan peningkatan penjualan hingga 44,7% dibandingkan periode sebelumnya (YoY 2020).

Hasil ini bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan semester pertama 2019, di mana pandemi Covid-19 belum terjadi.

"Kita mendapatkan hasil yang sesuai dengan strategi pertumbuhan berkelanjutan 2021," ungkap Pieter Nota, Member of the Board of Management of BMW AG, Customer, Brands, dan Sales, dalam keterangan resmi, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (22/7).

"Hal ini diperkuat oleh lini kendaraan terbaru, kembalinya permintaan pelanggan di seluruh dunia, dan kemampuan operasional kita di tengah tantangan yang ada, di mana kita mampu membukukan hasil penjualan tertinggi sepanjang sejarah perusahaan pada semester awal 2021 ini. Hal yang paling membanggakan adalah penjualan kendaraan listrik yang naik hingga dua kali lipat," lanjut Nota.

Dalam laporannya, sebanyak 153.267 kendaraan listrik dikirim ke pelanggan pada semester awal 2021 ini.

Hasil tersebut membuat BMW Group Global membukukan pertumbuhan penjualan kendaraan listrik hingga 148,5% jika dibandingkan periode sebelumnya (YoY 2020).

"Ke depannya kami akan memperkuat lini kendaraan listrik dengan memperkenalkan BMW iX dan BMW i4," kata Nota.

Dia menjelaskan bahwa dua tipe mobil listrik yakni BMW iX dan i4 menjadi cerminan era baru elektromobilitas untuk BMW. Kedua model ini akan tersedia di Indonesia pada tahun 2022. BMW Group memprediksi kendaraan full-listrik akan mewakili 50% penjualan global di tahun 2030.

BMW

Pada semester I-2021, sebanyak 1.178.292 kendaraan BMW dikirim ke para pelanggan di seluruh dunia, naik 39,9% dibandingkan periode sebelumnya.

Tiga kendaraan dengan penjualan global terbanyak termaksud BMW Seri 3 dengan pertumbuhan hampir dua kali lipat, naik 49,1%, lini lengkap kendaraan BMW X3 dengan pertumbuhan hingga 43,9% (khususnya dengan 3 pilihan mesin, ICE, PHEV dan Full EV), dan BMW Seri 5 dengan pertumbuhan penjualan hingga 33,3% jika dibandingkan dengan periode sebelumnya.

MINI

Peningkatan penjualan MINI juga tercatat memiliki minat yang kuat di tipe kendaraan listrik. Di 6 bulan pertama tahun 2021 ini, MINI menjual kendaraan hingga 157.799 unit di seluruh dunia, atau naik 32,6%.

Peningkatan penjualan yang cukup berarti ditunjukkan oleh ketertarikan pelanggan global terhadap kendaraan listrik dari MINI. Penjualan MINI SE dan MINI Countryman PHEV mewakili penjualan global dari brand MINI hingga 15% di semester pertama ini.

Performa penjualan BMW Group yang sangat baik juga terjadi di berbagai belahan dunia dengan permintaan yang kuat di China yang membukukan pertumbuhan 41,9% atau total 467,064 unit kendaraan dihantarkan ke pelanggan.

Di negara Asia lainnya, Korea Selatan juga membukukan performa penjualan yang sangat baik dengan pertumbuhan 34,6% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Indonesia

Manajemen BMW menyatakan situasi di Indonesia juga cukup menggembirakan.Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia mengungkapkan setelah menutup tahun 2020 dengan hasil baik dan mempertahankan posisi BMW Group Indonesia sebagai produsen otomotif premium nomor 1 di Indonesia, tahun ini perseroan kembali melihat hasil yang sangat baik di 6 bulan pertama tahun 2021 ini.

Dua brand BMW Group yang beroperasi di Indonesia, menghasilkan pertumbuhan penjualan yang sangat memuaskan di semester pertama ini dengan BMW membukukan pertumbuhan penjualan hingga 42,8% dan MINI hingga 52,1% jika dibandingkan dengan periode sebelumnya (Ytd June).

"Hasil ini diraih dari penjualan lini kendaraan locally-assembled yang cemerlang, BMW Seri 5, BMW Seri 3 dan BMW X1, serta the new MINI Countryman," kata Ramesh.

Performa penjualan BMW Group Indonesia pada khususnya mengalami peningkatan pada April dan Mei 2021. Hal tersebut berkaitan dengan peluncuran kendaraan baik dengan profile baru seperti BMW X1, BMW X3, BMW X5 dan BMW X7, hingga dengan kendaraan yang hadir dengan model terbarunya seperti BMW Seri 5 dan BMW Seri 4.

Hadirnya BMW Group Pavilion pada gelaran Indonesia International Motor Show 2021 juga turut menjadi salah satu motor dari performa positif di 6 bulan pertama tahun 2021 ini.

Belum lagi, hasil yang sangat baik turut ditorehkan oleh brand legendaris Inggris MINI yang membukukan hasil positif dengan 3 kontributor utama; The new MINI Countryman yang telah dirakit di dalam negeri, diikuti dengan MINI 3 Door dan MINI Clubman.

"Hasil luar biasa di tengah pandemi COVID-19 adalah hasil kerja keras yang sungguh-sungguh dari seluruh pemangku kepentingan BMW Group Indonesia, termasuk dukungan luar biasa dari para prinsipal jaringan diler resmi BMW Group Indonesia, karyawan, dan para pelanggan BMW dan MINI," jelas Ramesh.

"Untuk BMW Group Indonesia, keselamatan para pemangku kepentingan kami adalah nomor satu, terutama dalam menangani krisis Covid-19. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung keputusan Pemerintah dan akan mengikuti semua peraturan yang berlaku," tegasnya.

Untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19, perseroan melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan dengan mengikuti semua pedoman yang relevan dari pemerintah.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading