Mau ke AS? Cek Kualitas Hidup 10 Negara Bagian, Paling Rendah

Market - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
18 July 2021 09:40
Foto ini disediakan oleh James Lally menunjukkan awan berbentuk corong pada I-10 dekat Marianna, Florida, Minggu, 3 Maret 2019. Sejumlah peringatan tornado diposting di seluruh bagian Alabama, Georgia, Florida, dan Carolina Selatan pada hari Minggu sore ketika sistem badai yang kuat berpacu melintasi wilayah tersebut. (AP / James Lally)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belakangan minat orang kaya Indonesia untuk berkunjung ke Amerika Serikat (AS) meningkat karena negara tersebut mulai membuka masker karena pandemi covid-19 sudah mulai terkendali. Selain itu, banyak orang kaya Indonesia ingin ke AS untuk mendapatkan vaksin Pfizer, salah satu vaksin yang dianggap ampuh untuk melindungi diri dari virus asal Wuhan, China tersebut. 

Namun demikian, pandemi Covid-19 telah merubah kualitas hidup masyarakat dunia di seluruh negara, tak terkecuali di Amerika Serikat (AS). Di negara yang disebut sebagai "tanah pengharapan semua bangsa" itu, terdapat juga perubahan dalam dinamika sosial dan kualitas hidup masyarakat.

Di Negeri Paman Sam, ada beberapa negara bagian yang mengarah pada perbaikan kualitas hidup. Namun disisi lain, fenomena-fenomena seperti perebutan lapangan pekerjaan dan kondisi fasilitas kesehatan telah membuat beberapa negara bagian memiliki angka kualitas kehidupan yang rendah.


CNBC International membuat sebuah studi negara-negara bagian terburuk yang dinamakan "Skor Kehidupan, Kesehatan, dan Inklusi 2021". Ini mengukur mulai dari ukuran kualitas hidup dasar seperti tingkat kejahatan, kualitas lingkungan, penghidupan yang mencakup pekerjaan, dan juga aspek kesehatan seperti vaksinasi Covid-19.

Berikut daftar 10 negara bagian terburuk di AS sebagaimana dituliskan studi itu, dimulai dari nomor nomor buncit. 

10. Indiana.

Skor Kehidupan, Kesehatan, dan Inklusi 2021: 130 dari 375 poin

Kekuatan: Sumber daya rumah sakit

Kelemahan: Pendanaan kesehatan masyarakat, hak suara, inklusivitas, kualitas udara

Negara bagian ini menempati urutan ke-48 dalam pendanaan kesehatan masyarakat per kapita, menurut United Health Foundation, dengan alokasi US$ 55 (Rp 800 ribu) per orang pada tahun 2020. Sementara itu angka vaksinasi Covid-19 di negara bagian itu juga cukup rendah.

9. Louisiana.

Skor Kehidupan, Kesehatan, dan Inklusi 2021: 129 dari 375 poin

Kekuatan: Sumber daya rumah sakit

Kelemahan: Kesehatan, kriminalitas, vaksinasi Covid, hak suara.

Louisiana adalah negara bagian Amerika yang paling tidak sehat, dengan tingkat obesitas, merokok, dan kematian dini yang tinggi. Selain itu tingkat kemiskinan di Louisiana mencapai 19% yang mana menyebabkan angka kriminalitas di negara bagian pantai Selatan AS itu cukup tinggi.

8. Arkansas.

Skor Kehidupan, Kesehatan, dan Inklusi 2021: 124 dari 375 poin

Kekuatan: Kualitas udara, sumber daya rumah sakit

Kelemahan: Hak suara, inklusivitas, kesehatan, kejahatan

Di negara bagian itu, hak politik untuk menyalurkan suara pada pemilu sangatlah ketat. Pemerintah Arkansas memberlakukan pembatasan baru pada surat, konstituen yang absen, ,persyaratan ID yang lebih ketat, dan larangan memasok makanan atau air kepada pemilih dalam antrean. Selain itu Arkansas juga menderita tingkat kejahatan yang tinggi dan tingkat vaksinasi Covid-19 yang rendah.

7. Alabama.

Skor Kehidupan, Kesehatan, dan Inklusi 2021: 123 dari 375 poin

Kekuatan: Kualitas udara, pendanaan kesehatan masyarakat, sumber daya rumah sakit

Kelemahan: vaksinasi Covid, inklusivitas masyarakat, kesehatan, kejahatan.

Alabama memiliki tingkat vaksinasi Covid-19 terendah kedua di negara itu, setelah Mississippi. Hal itu menimbulkan kekhawatiran bahwa negara dapat menjadi vektor untuk varian virus yang lebih menular. Selain itu Alabama memiliki masalah kesehatan yang serius di luar Covid, dengan salah satu tingkat kematian dini tertinggi di negara itu, tingkat penyakit kardiovaskular tertinggi kedua, dan tingkat diabetes tertinggi ketiga di AS.

6. Georgia.

Skor Kehidupan, Kesehatan, dan Inklusi 2021: 119 dari 375 poin

Kekuatan: Kualitas udara

Kelemahan: Vaksinasi Covid, hak suara, sumber daya rumah sakit

Negara bagian yang menaungi kota Atlanta itu memiliki sistem pemungutan suara yang sangat komplek dan menyulitkan. Selain itu, negara bagian itu tidak memiliki proteksi yang cukup terhadap diskriminasi. Baru-baru ini, sebuah panti pijat di Atlanta ditembak seorang pemuda. Penembakan ini dilatarbelakangi isu rasial.

Dari Tennessee Hingga Arizona
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading