Bos BEKS Buka-bukaan Soal Rencana Bank Digital dengan Amazon

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
16 July 2021 14:38
Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten), Agus Syabarrudin (dok. Bank Banten)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS) menyatakan sedang dalam proses mengembangkan layanan digital dengan bekerja sama dengan anak usaha Amazon.com, Amazon Web Services (AWS).

Direktur Utama BEKS, Agus Syabarrudin mengatakan, kerja sama ini sebagai upaya yang dilakukan bank BPD ini untuk menyedialan layanan digital. Kerja sama ini juga sudah masuk dalam rencana bisnis bank Banten yang ditargetkan bisa terealisasi di tahun ini.

"RBB kita sudah memasukan rencana digitalisasi, jadi harapan saya semua persiapannya sejalan dengan ketentuan yang ada, kami bisa segera launching, saat ini kami terus bergulir mempersiapkan infrastrukurnya," kata Agus, saat dihubungi CNBC Indonesia, Jumat (16/7/2021).


Adapun pertimbangan dipilihnya AWS, perusahaan yang bergerak di bisnis penyedia layanan web services, cloud computing dan API ini, perseroan selalu terbuka bagi pihak yang memiliki kompetensi dan kapabilitas.

Hanya saja, Agus belum merinci, berapa nilai investasi belanja modal yang dialokasikan untuk kerja sama ini, namun sudah dimasukan dalam anggaran belanja modal informasi dan teknologi (IT) perseroan.

"Pada prinsipnya, buat kami bekerja sama dengan pihak ketIga terbuka, asal memiliki kompetensi, kapabilitas yang bisa mendukung rencana kami," tuturnya.

Agus menambahkan, pengembangan layanan digital Bank Banten ke depan punya potensi yang besar. Selain captive market utama Bank Banten adalah kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), provinsi Banten juga dikeliling sejumlah industri strategis, seperti industri baja milik Krakatau Steel, industri petrokimia milik Grup Chandra Asi, ditambah fasilitas pendukung lainnya seperti bandara internasional dan pelabuhan.

Nantinya, pengembangan layanan digital Bank Banten bisa diarahkan untuk segmen konsumer, komersial dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). "Ini potensi besar, Bank Banten bisa ke sana juga," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bos Bank Banten Cari Mitra Strategis, Jadi Pepet Amazon?


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading