Erick Tunjuk Rama Pratama Komisaris, Ini Petinggi Telkomsat!

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
16 July 2021 09:20
Menteri BUMN, Erick Thohir  (Dok.BUMN)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah kepemimpinan Menteri Erick Thohir resmi menunjuk mantan Anggota DPR RI sekaligus aktivis '98, Rama Pratama sebagai anggota Dewan Komisaris PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).

Pengangkatan Rama ini menggantikan komisaris sebelumnya yang ditempati oleh Harry Suseno Hadisoebroto.

"Sesuai dengan Keputusan Sirkuler Pemegang Saham PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat), efektif terhitung sejak tanggal 12 Juli 2021 telah mengangkat Rama Pratama sebagai anggota Dewan Komisaris Telkomsat dan memberhentikan dengan hormat Harry Suseno Hadisoebroto sebagai Dewan Komisaris," tulis keterangan resmi Telkomsat, dikutip Jumat (16/7/2021).


Dengan demikian, saat ini jajaran komisaris Telkomsat menjadi sebagai berikut:

Komisaris

Komisaris Utama: Edi Witjara

Komisaris: Indrawan Ditapradana

Komisaris: Benny Riyanto

Komisaris: Amanah Abdulkadir

Komisaris: Rama Pratama

Direksi

Direktur Utama: Endi Fitri Herlianto

Direktur Pengembangan: Andy Revara

Direktur Operasi: Anggoro Kurnianto Widiawan

Direktur Komersial: Puguh Indaryono

Direktur Keuangan dan Administrasi: Rizal Ahmad Fauzi.

 

"Dengan adanya perubahan jajaran Dewan Komisaris ini, diharapkan Telkomsat dapat terus memberikan kontribusi yang terbaik bagi para Stakeholder dan juga bangsa dan negara Indonesia," tulis manajemen Telkomsat.

Rama merupakan alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) sekaligus mantan Kedua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI periode 1997-1998.

Kemudian dia pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI untuk Komisi XI pada 2004-2009 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Situs resmi mencatat, Telkomsat adalah anak perusahaan Telkom, penyedia layanan satelit yang ahli dalam memberikan layanan hulu ke hilir yang berkualitas tinggi dan berstandar internasional.

Telkom Satelit Indonesia adalah anak usaha langsung Telkom, statusnya sama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel).

Laporan keuangan Telkom per Maret 2021 mencatat, porsi saham Telkom mencapai 100% di Telkomsat, dengan jumlah aset Rp 4,95 triliun di Maret 2021 dari Desember 2020 Rp 4,48 triliun.

Adapun informasi penunjukkan Rama ini sebetulnya sudah disampaikan Rama di akun Twitter resminya, @ramapratama98. Dia mencuit kembali cuitan dari rekannya, politisi Indra J Piliang yang sebelumnya sudah memberikan ucapan selamat kepada Rama atas amanah barunya ini.

"Biasanya saya ndak mau ngasih ucapan selamat. Tapi baiklah. Selamat mengemban amanah sebagai Komisaris PT Telekomunikasi Satelit Indonesia u/ Uda @ramapratama98. Sekalipun gagal mengantarkan saya sebagai Ketua SMUI 95/96, kalah 35 suara, sebagai Campaign Manager sy di FEUI, kini terbanglah!" tulis Indra Piliang dalam unggahan tersebut, yang dicuit kembali oleh Rama di akunnya, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (15/7).

Akun Twitter @ramapratama98Foto: Akun Twitter @ramapratama98
Akun Twitter @ramapratama98


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading