Soal Kerja Sama dengan BANK, Ini Penjelasan Manajemen AMRT

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
07 July 2021 10:03
Doc.Alfamart

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen emiten ritel PT Alfamart Tbk (AMRT) mengakui sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama dengan PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK).

Direktur Corporate Affairs Almafart, Solihin menegaskan, kerja sama tersebut adalah MoU pada umumnya sebagaimana yang dilakukan perseroan dengan mitra lain, dalam hal pembayaran dan remitansi. Ia memastikan, tidak ada tujuan yang lebih spesifik, seperti misalnya arah pengembangan bank digital.

"Dengan kata lain, MoU yang akan kita laksanakan MoU biasa, kerja sama pembayaran, remittence. Siapapun, pihak yang ingin melakukan kerja sama, kita sangat terbuka," kata Solihin, kepada CNBC Indonesia, Selasa malam (6/7/2021).


Solihin menjelaskan, alasan dipilihnya kerja sama dengan Bank Aladin, mengingat perseroan yang menjalankan bisnis ritel, pada prinsipnya akan melakukan kerja sama dengan pihak siapapun untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi.

"Kita melihat bisnis ritel Alfamart bisnis pelayanan dan efisiensi, kepada siapapun kita kerja sama, dalam rangka meningkatkan pelayanan. Terlalu pagi untuk membicarakan mengenai investasi," katanya.

Seperti diketahui, berdasarkan undangan yang diperoleh CNBC Indonesia, hari ini PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) akan mengumumkan kolaborasi strategis dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) serta Halodoc. Kerjasama ini membuat ekspektasi investor terhadap kedua saham ini meningkat dan ditransaksikan dalam jumlah besar.

Bank Aladin Syariah akan mengadakan acara "The Future of Banking: Achieving Financial Inclusion in Indonesia" pada tanggal 7 Juli 2021 besok dari jam 9:30 hingga jam 11:30 secara daring.

Akan ada 4 agenda yang dibahas salah satunya yakni seremoni penandatanganan perjanjian kerjasama antara BANK dengan AMRT dan Halodoc.

Selain itu Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'aruf Amin juga akan hadir untuk membawakan bahasan mengenai Peran, Tantangan, dan Solusi Bank Syariah di Industri Perbankan Indonesia.

Selanjutnya Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di acara ini juga akan membahas mengenai Transformasi Digital di Bidang Sistem Pembayaran.

Terakhir Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Susanto juga akan membawakan tema mengenai Digitalisasi Transformasi di Bidang Keuangan.

Jelang acara tersebut sendiri diam-diam investor lokal melakukan pembelian saham besar-besaran di emiten peritel PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) di pasar negosiasi dari investor asing.

Kabar kolaborasi ini sudah berhembus dalam kurun waktu 2 bulan terakhir. Ini membuat harga saham BANK melesat 37% dalam 3 bulan terakhir ke harga Rp 3.650/unit. Sementara saham AMRT dalam kurun waktu yang sama menguat 56,40% ke harga Rp 1.345/unit.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading