Pelan Tapi Pasti, Harga CPO Bangkit! Hari Ini Naik 1%

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
02 July 2021 11:15
Panen tandan buah segar kelapa sawit di kebun Cimulang, Candali, Bogor, Jawa Barat. Kamis (13/9). Kebun Kelapa Sawit di Kawasan ini memiliki luas 1013 hektare dari Puluhan Blok perkebunan. Setiap harinya dari pagi hingga siang para pekerja panen tandan dari satu blok perkebunan. Siang hari Puluhan ton kelapa sawit ini diangkut dipabrik dikawasan Cimulang. Menurut data Kementeria Pertanian, secara nasional terdapat 14,03 juta hektare lahan sawit di Indonesia, dengan luasan sawit rakyat 5,61 juta hektare. Minyak kelapa sawit (CPO) masih menjadi komoditas ekspor terbesar Indonesia dengan volume ekspor 2017 sebesar 33,52 juta ton.

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) naik lumayan tajam pada perdagangan pagi ini. Setelah koreksi dalam, sepertinya investor mulai memborong CPO yang harganya sudah murah.

Pada Jumat (2/7/2021) pukul 09:56 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 3.749. Naik 1,05% dibandingkan sehari sebelumnya.

Meski hari ini naik, tetapi dalam sebulan terakhir harga CPO masih anjlok 9,84% secara point-to-point. Harga masih murah sehingga membuat investor tertarik untuk memborong.


Berbagai kabar baik mendongkrak harga CPO. Pertama dari India.

Negeri Bollywood memperbolehkan impor produk olahan CPO (refined palm oil) selama enam bulan ke depan. Status impor diubah dari restricted menjadi free. Selain itu, pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi juga menurunkan pajak impor CPO dari 49,5% menjadi 41,25%.

Kabar kedua datang dari Indonesia. Reuters melaporkan pemerintah menetapkan harga acuan CPO untuk Juli 2021 sebesar US$ 1.094,15/ton, lebih rendah dari bulan lalu. Penurunan harga berarti pungutan ekspor yang dibebankan pun lebih rendah.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading