Beredar 33 Nama Calon Dubes RI, Bos Kadin-Sinarmas Buka Suara

Market - Yuni Astuti, CNBC Indonesia
26 June 2021 15:39
Ketua KADIN Rosan P Roeslani di acara APINDO bersama KADIN dan HIPMI  menggelar acara Business Gathering bertema

Jakarta, CNBC Indonesia - Publik dihebohkan dengan beredarnya 33 nama calon duta besar (dubes) RI yang akan ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hanya saja nama-nama ini terlebih dahulu akan menempuh mekanisme uji kepatutan dan kelayakan di DPR (fit and proper test).

Satu nama yang mengemuka yakni Gandi Sulistyo, Managing Director Sinarmas Group, yang dikabarkan akan ditempatkan oleh Jokowi Duta Besar RI untuk Republik Korea Selatan.

CNBC Indonesia mencoba menghubungi Gandi pada Sabtu ini (26/6). Dia mengucapkan terima kasih atas dukungan media, tapi selanjutnya dia tentu akan mengikuti prosedur yang ada.


"Terima kasih, yang saya tahu, Presiden [Jokowi] menulis surat ke DPR, DPR Komisi I melakukan fit and proper," katanya, Sabtu (26/6).

Menurut dia hasil fit and proper test semuanya akan dikembalikan lagi ke Presiden Joko Widodo.

"Kemudian hasilnya di kembalikan ke Presiden, Lalu Presiden akan membuat surat permohonan izin kepada negara akreditasi masing masing.. Setelah disetujui baru bisa dilantik," jelasnya.

Sejumlah nama terkenal memang masuk ke dalam daftar tersebut, di antaranya Fadjroel Rachman, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Komunikasi sekaligus Juru bicara Presiden Jokowi pada Kabinet Indonesia Maju. Ia bakal diajukan menjadi Dubes Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan.

Nama Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani juga masuk. Ia rencananya akan menjadi Dubes untuk Amerika Serikat (AS).

Adapun Rosan tidak membantah informasi tersebut, namun dia memilih menahan diri memberi komentar.

"Mohon maaf saya belum boleh memberikan komentar terlebih dahulu," ujar Rosan kepada detikcom, Sabtu (26/6/2021).

Rosan Roeslani sebelumnya sudah disebut-sebut bakal dipilih Presiden Jokowi menjadi dubes di AS. Rosan menggantikan Muhammad Lutfi yang ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Perdagangan.

Di sisi lain, terkait nama-nama ini, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan surat presiden berkaitan dengan nama-nama calon dubes itu bersifat rahasia, tapi kabarnya nama-nama tersebut memang masuk dalam surat.

"Surat presiden sifatnya rahasia. Jadi saya tidak dapat buka. Namun demikian, memang kabarnya nama-nama di atas masuk," kata Meutya kepada wartawan Jumat (25/6/2021), dilansir Detik.com.

NEXT: Simak Nama Lengkap 33 Calon Dubes yang Beredar di Publik

Beredar Nama Lengkap 33 Calon Dubes RI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading