Internasional

Pertamina & Petronas Tak Lagi Masuk Indeks ESG EMBI JPMorgan

Market - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
16 June 2021 14:09
Cryptocurrency Pertama J.P. Morgan (CNBC Indonesia Tv)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pertamina dan perusahaan energi Malaysia, Petronas, kini berada dalam daftar pantauan untuk dihapus, dari indeks JPMorgan ESG EMBI. Indeks ini dibuat perusahaan jasa keuangan dan bank investasi multinasional itu untuk perusahaan global terkait investasi yang bertanggungjawab.

ESG merujuk pada environmental, social dan good governance. Investasi yang berbasis ESG berarti perusahaan dalam proses usahanya memperhatikan faktor lingkungan, sosial dan juga tata kelola yang baik.


Melansir Reuters, keduanya tak akan lagi masuk ke indeks akhir Juni 2021 ini. Karena skor Pertamina dan Petronas turun, di ambang batas yang diisyaratkan sehingga tak memenuhi persyaratan.

JPMorgan menggunakan perusahaan luar untuk menilai skor ESG yang diperlukan untuk dimasukkan dalam indeks. Hasilnya mengatakan beberapa kegiatan Petronas atau afiliasinya berisiko tinggi pelanggaran embargo senjata PBB.

"Penurunan skor juga terkait dengan paparan berkelanjutan terhadap berbagai insiden terkait hak asasi manusia (HAM) dan situasi politik yang sedang berlangsung di Myanmar," kata lembaga itu.

Penurunan skor Pertamina antara lain karena kebakaran kilang di Jawa Barat yang memaksa evakuasi hampir 1.000 orang. Selain itu, diskusi dengan pemerintah mengenai penyelesaian tumpahan minyak historis di mana pembersihan juga masih sedang berlangsung.

Sampai berita ini diturunkan, baik Petronas dan Pertamina belum buka suara mengenai hal ini. Petronas saat ini memiliki bobot 121 basis poin di indeks. Sedangkan Pertamina berada di 49 bps.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading