Bank Mandiri Berikan Pembiayaan Rp 4T ke Vendor KAI

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
14 June 2021 19:14
Gedung Bank Mandiri

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memberikan fasilitas pembiayaan kredit talangan (KRETA) kepada supplier/vendor dari PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI senilai Rp 4 triliun sebagai modal kerja para supplier atau vendor tersebut.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah K. Indriati mengatakan Bank Mandiri juga menyetujui perpanjangan jangka waktu fasilitas Kredit Jangka Pendek senilai Rp 2 triliun dan Fasilitas non cash loan sebesar Rp 2 triliun. Kedua fasilitas digunakan untuk membiayai operasional perusahaan.

"Inisiatif pembiayaan value chain ini diharapkan dapat membantu supplier/vendor dari Kereta Api Indonesia dalam mendapatkan percepatan penerimaan pembayaran sehingga meningkatkan likuiditas keuangan dan kualitas pengadaan barang maupun jasa kepada Kereta Api Indonesia," kata Indah dalam siaran persnya, Senin (14/6/2021).


Fasilitas ini dimaksudkan untuk mempercepat penerimaan pembayaran supplier/vendor mitra KAI sehingga dapat meningkatkan pengelolaan likuiditas. Kredit ini bisa digunakan untuk membiayai modal kerja para Supplier/Vendor dari KAI.

Indah menambahkan, pembiayaan ini merupakan bentuk konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung sektor bisnis menengah mengingat program ini dapat membantu memberikan solusi permodalan bagi pelaku usaha yang terdampak COVID-19 agar roda perekonomian dapat terus berjalan.

Bank Mandiri menargetkan dapat menyalurkan kredit kepada supplier/vendor Kereta Api Indonesia sebesar Rp 200 miliar, nilai ini bisa meningkat seiring dengan berkembangnya kerjasama antara kedua BUMN ini.

Sedangkan Direktur Keuangan KAI Salusra Wijaya mengatakan kerja sama antara KAI dan Bank Mandiri ini merupakan sinergi BUMN yang penting dalam rangka men-support keuangan para supplier/vendor yang KAI pada masa pandemi Covid-19.

"Dukungan ini kami berikan kepada para supplier dan vendor perusahaan, termasuk para UMKM, yang selama ini menjadi mitra KAI dalam hal penyediaan barang dan jasa perusahaan," jelas dia.

Dia menegaskan, dengan likuiditas perusahaan yang baik, para mitra diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menjaga likuiditas perusahaan. Sehingga dapat mendukung kebutuhan KAI dalam rangka membantu memulihkan kinerja perkeretaapian nasional.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading