Siapa di Balik Auric Pengendali Baru Gerai Ritel Matahari?

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
04 June 2021 12:40
Dok. Matahari

Jakarta, CNBC Indonesia - Auric Digital Retail akan menjadi pemegang saham pengendali baru emiten ritel Grup Lippo, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF).

Perseroan akan melaksanakan penawaran tender sukarela untuk membeli sebanyak 1,05 miliar saham atau setara dengan 40% saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perusahaan milik investor lain, termasuk publik dengan harga pelaksanaan Rp 1.530 per saham.

Siapa sebetulnya Auric Digital? Berdasarkan struktur pemegang saham dari prospektus yang disampaikan LPPF, Auric Digital Retail Pte. Ltd atau BidCo sahamnya dimiliki 60% oleh Auric Bespoke I Pte Ltd (Singapore), dan 40% oleh OUE Retail Holdings Pte Ltd (Singapore).


Bidco didirikan berdasarkan hukum negara singapura dan pemegang saham utamanya ialah Stephen Riady dan Andy Adhiwana. Sisanya dimiliki oleh Tamsett Holdings Limited.

Ketiga pemegang saham ini pada ujungnya terafiliasi dengan Lippo China Resources Limited (Hongkong). Auric Digital juga tercatat menjadi pemegang saham perusahaan lewat Greater Universal pada Juni 2020 lalu.

Sebagai informasi saja, periode pelaksanaan penawaran tender sukarela wajib dimulai paling lambat 2 bulan setelah pernyataan efektif oleh OJK.

Dengan penawaran tender sukarela ini, Auric akan meningkatkan kepemilikannya alias menjadi pengendali baru saham LPPF hingga menjadi sebanyak-banyaknya 50,12% setelah dilakukan penawaran tender sukarela tersebut.

Setelah berakhirnya periode penawaran tender sukarela, Auric pun akan membeli 139,82 juta saham LPPF dari Greater Universal Ltd dan 125,97 juta saham dari OUE Investment Pte Ltd. Jumlah saham tersebut mewakili 10,12% dari seluruh saham LPPF.

Dengan demikian, porsi saham Auric Digital akan menjadi 50,12% saham alias 1,31 miliar saham sehingga menjadi pengendali baru.

Sebagai catatan, saat ini pemegang saham LPPF yakni PT Multipolar Tbk (MLPL) sebanyak 19,42%, UBS AG Singapore S/A Greater Universal Ltd 5,32%, dan UBS AG Singapore Non-Treaty 5,07%.

Kemudian, ada SSB C21 S/A College Retirement Equities Fund 5,42%, UOB Kayhian Pte Ltd 6,02%, UOB Kay Hian Pte Ltd AJC Referral Client 0%, dan Philip Securities Pte Ltd 6,19%. Investor publik tercatat memiliki 52,55% saham LPPF.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading