Vaksinasi Lancar, Bursa 'Paman Sam' Siap Dibuka di Zona Hijau

Market - Putra, CNBC Indonesia
01 June 2021 20:20
In this photo provided by the New York Stock Exchange, trader Americo Brunetti works on the floor, Thursday, March 25, 2021. Stocks are wobbling in afternoon trading Thursday as a slide in technology companies is being offset by gains for banks as bond yields stabilize.(Courtney Crow/New York Stock Exchange via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Amerika Serikat (AS) diprediksikan akan dibuka semringah nanti malam (Selasa (1/6), atau 9:30 waktu setempat setelah indeks kontrak berjangka (futures) pasar modal AS ditransaksikan di zona hijau sore ini.

Tercatat indeks kontrak berjangka Dow Jones terbang tinggi 0,73%, kontrak yang sama di indeks S&P 500 juga naik 0,53%, sedangkan untuk kontrak berjangka indeks Nasdaq juga terpantau hijau 0,42%.

Keyakinan di kalangan para pelaku pasar kembali kuat mengenai kekuatan Negeri Paman Sam untuk kembali bertumbuh ekonominya pascadiserang Corona dengan pembukaan ekonomi yang semakin gencar karena suksesnya program vaksinasi AS.


Lebih dari setengah populasi AS saat ini sudah menerima paling tidak satu dosis vaksin corona, dilansir dari data yang dipublikasikan oleh Center of Disease Control (CDC) yang dipublikasikan Minggu (30/5/21). Bahkan penambahan kasus corona harian hanya berada di angka 12 ribu orang dan menjadi yang terendah sejak Maret 2020.

Selanjutnya dari data ekonomi, laporan klaim pengangguran yang dirilis Jumat lalu menjadi penambah keyakinan para pelaku pasar bahwa perekonomian AS sudah mulai kembali pulih.

Keyakinan ini akan kembali dipantau mengingat pada hari ini ISM akan merilis data PMI manufaktur AS bulan Mei di mana konsensus kembali memprediksi adanya perbaikan ekonomi terutama di sektor manufaktur yang ditunjukkan oleh PMI yang diprediksi naik ke level 60,9 dari posisi bulan April di angka 60,7.

Selasa lalu rilis data manufaktur di dataran Eropa juga tergolong positif dan menjadi kenaikan sektor manufaktur Benua Biru yang tertinggi tahun ini, hal yang sama juga terjadi di China saat aktifitas produksinya terjadi kenaikan yang sangat kencang di bulan Mei sehingga menjadi kenaikan tertinggi tahun ini.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading