BTN Salurkan 51.000 KPR BP Tapera, Bunga Fixed Mulai 5%

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
28 May 2021 17:45
Keterangan foto: Seremoni akad perdana inisiasi penyaluran KPR Tapera di Pesawarn Residence, Lampung. Direktur Consumer And Commercial Lending BTN, Hirwandi Gafar/Syahriza Sidik, CNBC Indonesia

Lampung, CNBC Indonesia - Emiten bank BUMN, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) atau Bank BTN akan menyalurkan total pembiayaan senilai Rp 7 triliun untuk membiayai KPR BP Tapera sebanyak 51.000 unit hingga akhir tahun ini.

Akad perdana pembiayaan rumah ini dilakukan di Pesawaran Residence, Lampung untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Akad perdana ini merupakan rangkaian kegiatan pembiayaan perumahan bagi peserta BP Tapera.

Direktur Consumer And Commercial Lending Bank BTN, Hirwandi Gafar mengatakan, perseroan akan menjadi mitra bagi BP Tapera untuk bisa mewujudkan impian para ASN untuk memiliki rumah pertama.


Akad kredit perdana bagi ASN di Lampung merupakan langkah awal yang menjadi momentum untuk bisa mendongkrak pembangunan sejuta rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bank BTN turut mendukung dan akan menyukseskan program BP Tapera dalam memberikan kemudahan pembiayaan perumahan bagi pesertanya. Ini menjadi komitmen kami di BTN," kata Hirwandi, di Pesawaran Residence, Lampung, Kamis (27/5/2021).

Hirwandi melanjutkan ada tiga skema pembiayaan yang ditawarkan dalam pembiayaan Tapera yang disesuaikan dengan kelompok penghasilan.

Kelompok pertama ialah penghasilan di bawah Rp 4 juta akan memperoleh bunga KPR sebesar 5% fixed rate (bunga tetap) dengan tenor selama 30 tahun. Kedua, penghasilan di kisaran Rp 4 juta sampai dengan Rp 6 juta, bunga yang ditawarkan 6% secara tetap dan tenor selama 20 tahun.

BP Tapera Salurkan Pembiayaan KPR Ke 11 Ribu ASN. (CNBC Indonesia/Syahrizal Sidik)Foto: BP Tapera Salurkan Pembiayaan KPR Ke 11 Ribu ASN. (CNBC Indonesia/Syahrizal Sidik)
BP Tapera Salurkan Pembiayaan KPR Ke 11 Ribu ASN. (CNBC Indonesia/Syahrizal Sidik)

Kelompok ketiga, penghasilan Rp 6 juta sampai dengan Rp 8 juta dapat mengakses KPR dengan bunga 7% fixed rate dengan tenor sampai dengan 20 tahun.

Adapun, untuk dapat mengakses KPR Tapera BTN, masyarakat diwajibkan untuk memenuhi ketentuan dan persyaratan untuk mendapatkan Pembiayaan Tapera seperti Peserta masuk kedalam golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), belum memiliki rumah dan menjadi peserta Tapera aktif dan lancar membayar simpanan peserta selama 12 bulan.

Harga rumah yang dapat dimiliki peserta aktif Tapera beragam mulai dari Rp 112 juta hingga Rp 292 juta.

Menurut Hirwandi, manfaat yang diberikan BP Tapera bukan hanya untuk membeli rumah. Namun juga bisa untuk membangun rumah sendiri bagi yang sudah memiliki tanah bersertifikat atau ingin merenovasi rumahnya.

"Kami berharap, 51.000 unit tersebut nantinya dapat melibatkan mitra pengembang baik dari Apersi, REI maupun Himpera," imbuhnya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading