60% Warga Negara Ini Sudah Divaksin, Kasus Covid Malah Naik

Market - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 May 2021 15:45
Vaksinasi pelaku usaha di Thamrin City. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah negara kepulauan di Samudera Hindia, Seychelles dikenal sebagai wilayah terbaik untuk program vaksinasi. Sayangnya di sana juga ditemukan kasus positif Covid-19 pada sejumlah masyarakat yang sudah di vaksin penuh.

Seychelles menjadi negara dengan peluncuran program vaksinasi paling sukses sejauh ini. Wilayah tersebut mengalahkan negara manapun termasuk yang besar seperti Israel dan Inggris.

Kementerian Kesehatan setempat menyebutkan lebih dari sepertiga orang yang positif Covid-19 telah divaksinasi penuh. Ini data dalam satu minggu hingga tanggal 8 Mei 2021 kemarin.


Sebagian besar orang yang divaksin menerima vaksin Sinopharm China dan AstraZeneca atau dengan nama Covishield secara lokal. Seychelles memiliki populasi lebih dari 97 ribu orang melaporkan hanya memiliki kasus di bawah 8.200 dan 28 kematian selama pandemi melanda.

Namun petaka datang saat Senin lalu, Kementerian Kesehatan melaporkan adanya kenaikan signifikan dari jumlah kasus. Pada 30 April ada 120 kasus baru lalu seminggu kemudian pada 7 dan 8 Mei menjadi 300 kasus.

Dari jumlah tersebut, 63%-nya belum divaksinasi atau menerima satu suntikan pada Sinopharm atau Covieshied. Sementara sisanya merupakan masyarakat yang telah mendapat suntikan penuh.

Laporan Kementerian menyebutkan pasien yang dirawat, 80% merupakan masyarakat yang belum divaksin dan orang dengan kecenderungan memiliki penyakit bawaan. Termasuk juga kasus level kritis dan parah membutuhkan perawatan intensif merupakan orang yang belum divaksin.

Sejauh ini belum ada orang dengan vaksin penuh dan positif Covid-19 yang meninggal, dikutip dari CNBC Internasional., Jumat (14/5/2021).

Sejauh ini dalam program vaksinasi 57% adalah penerima Sinopharm dan Covishield 43%. Namun tidak ada informasi penerima vaksin mana yang dinyatakan positif Covid-19.

Setelah tanggal 7-8 Mei dengan 317 dan 314 kasus masing-masing menunjukkan kurva mendatar. "Tingkat penularan tetap tinggi dan menjadi perhatian," kata Kementerian Kesehatan.

Para ahli cukup khawatir dengan kejadian ini. Sebab 60% dari total populasi Seychelles telah divaksin penuh.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading