Goks! Bitcoin-DOGE Kalah, Kripto Logo Anjing Ini Meroket 700%

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
09 May 2021 09:19
Dogecoin (Tangkapan Layar via Facebook @dogecoindotcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam sepekan ini, bermunculan sejumlah mata uang kripto (cryptocurrency) yang sebelumnya belum pernah terdengar oleh banyak orang. Salah satunya, token kripto bernama SHIBA INU (SHIB).

Token dengan logo anjing ras Jepang Shiba Inu yang mirip kripto fenomenal lainnya, Dogecoin, ini sedang mencuri perhatian.  Dalam sepekan ini, SHIB sudah meroket 'to the moon' sebesar 706,32% ke harga USS 0,000015/koin.


Tidak hanya itu, dalam 24 jam terakhir, SHIBA INU melonjak liar 416,87. Praktis, hal ini membuat SHIBA INU menduduki peringkat pertama mata uang kripto dengan kenaikan tertinggi, baik dalam sehari maupun sepekan.

Dengan kenaikan yang luar biasa tersebut kapitalisasi pasar (market cap) SHIBA INU saat ini mencapai US$ 5,91 juta, menurut Coinmarketcap.com, Minggu (9/5/2021), pukul 07.37 WIB. Adapun volume token SHIB yang diperdagangkan dalam 24 jam terakhir mencapai US$ 5,87 juta dengan pasokan peredaran koin sebesar 394,79 triliun SHIB.

Di posisi kedua, ada Bitcoin Gold yang melonjak 15,20% dalam sehari dan terbang setinggi 312,41% dalam 7 hari terakhir. Di jejeran koin kripto dengan market cap terbesar, Bitcoin berhasil naik 1,78% dalam sehari, sementara dalam sepekan terangkat 2,52%.

Mata uang kripto dengan market cap terbesar di bawah Bitcoin, Ethereum, berhasil melejit 9,03% dalam 24 terakhir dan melesat 32,40% dalam sepekan. Tidak ketinggalan, koin meme yang sering 'dipompom' miliarder dan bos Tesla Elon Musk, Dogecoin, berhasil mencatatkan kenaikan tertinggi di antara 9 koin 'kelas kakap' lainnya.

Dalam sepekan koin yang juga berlogo anjing ini membumbung tinggi dengan naik 63,73%. Pada Jumat (7/5) pekan lalu, Dogecoin berhasil menembus all time high ke US$ 0,687, setelah melonjak 18,46% dari hari sebelumnya.

Para investor ritel koin ini tampaknya sedang antusias menunggu penampilan Elon Musk yang akan menjadi host di acara Saturday Night Live (SNL) pada Sabtu (8/5/2021) 11.30 malam waktu setempat atau Minggu pagi (9/5/2021) WIB.

Sebagaimana diketahui, Elon Musk seringkali berhasil mendongkrak harga Dogecoin lewat twit-twit di akun pribadinya. Terbaru, pada 8 Mei 2021, Elon Musk mengunggah sebuah foto dengan caption "Guest starring ..." yang di dalamnya menampilkan artis Miley Cyrus, dirinya dan anjing meme Doge di depan sang "Technoking Tesla" ini.

Sampai saat ini, twit itu sendiri sudah diretwit sebanyak 125,5 ribu kali dan dikomentari oleh 34,4 ribu pengguna.

Para pengikut Elon tampak antusias dengan tampilnya bos SpaceX ini di SNL. Salah satu pengikut Elon Musk dengan username @AndrewFCary membalas cuitan Elon dengan sebuah GIF yang menggambarkan roket yang bersiap meluncur ke angkasa dengan label DOGE.

Kendati sering mendukung mata uang kripto, termasuk memborong Bitcoin melalui Tesla, Elon Musk juga memperingatkan soal risiko investasi di koin digital ini. Dalam cuitan Twitternya pekan lalu, CEO dan Teknoking of Tesla ini memberikan "warning" kepada warganet dan 53 juta followers-nya soal cryptocurrency dan meminta pengikutnya berinvestasi secara hati-hati.

"Cryptocurrencymenjanjikan, tetapi harap berinvestasi dengan hati-hati," tulis Elon Musk di akun Twitter pribadinya, seperti dikutip CNBC Indonesia.

Mata uang digital seperti Bitcoin, Ether, hingga Dogecoin memang sedang naik daun. Beberapa investor mengingatkan tentang gelembung Bitcoin yang meledak pada 2017 ketika harganya menuju US$ 20.000, namun setahun kemudian tenggelam ke level US$ 3.122.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(adf/adf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading