Karyawan Ngamuk Soal THR, Bos Pan Brothers Komentar Begini!

Market - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
05 May 2021 17:35
Buruh Pan Brothers di Boyolali, 5 Mei 2021/Detikcom Foto: Buruh Pan Brothers di Boyolali, 5 Mei 2021/Detikcom

Jakarta, CNBC Indonesia - Ribuan pekerja PT Pan Brothers Tbk (PBRX) di pabrik Boyolali, Jawa Tengah, melakukan aksi demonstrasi. Mereka menyatakan ketidakpuasannya atas kebijakan perusahaan yang membayar gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) dengan cara dicicil.

Vice Chief Executive Officer Pan Brothers, Anne Patricia Sutanto tidak menampik soal protes buruh terkait langkah perusahaan yang bakal menyicil THR hingga delapan kali. Namun, Ia menolak tudingan jika gaji pegawai juga ikut dicicil.

"Gaji tidak. Minggu ini (dibayar) karena memang biasanya (pembayaran) minggu pertama karena perhitungan selalu sampai akhir bulan, dan dibayar minggu pertama," kata Anne kepada CNBC Indonesia, Rabu (5/5/21).

Namun, buruh tidak menerima ketika mendengar THR juga ikut dicicil. Alhasil ada aksi unjuk rasa yang dipicu ketidakpuasan pekerja setelah mendapat pengumuman resmi dari manajemen. Aksi demo diikuti oleh seluruh pekerja dari semua divisi.

"Kalau THR akan dicicil... kalau likuditas perbankan dilonggarkan pencicilan bisa lebih cepat. Ini sebenarnya demi full operation," sebut Anne.

Ia mengakui saat ini perseroan menghadapi tantangan likuiditas yang ketat, perseroan, kata Anne harus membagi arus kas dengan membayar kewajiban ke bank dan supplier, berikut juga dengan gaji dan THR yang harus dibayarkan kepada para pekerja.

Namun, Ribuan pekerja PT Pan Brothers Tbk (PBRX) di pabrik Boyolali, Jawa Tengah, melakukan aksi demonstrasi. Mereka menyatakan ketidakpuasannya atas kebijakan perusahaan yang membayar gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) dengan cara dicicil.

Informasi ini terungkap dalam unggahan video viral di YouTube berdurasi singkat sekitar 0,33 detik yang berisi riuhnya massa buruh yang menyerbu pabrik perusahaan tekstil tersebut.

[Gambas:Youtube]




[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Investasi Saham Pakai THR? Jangan Beli Dulu Sebelum Baca Ini!


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading