Stok di AS Menyusut Drastis, Harga Minyak to the Moon

Market - Tirta, CNBC Indonesia
05 May 2021 13:05
Penambangan minyak mentah di AS Foto: Doc. Reuters

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak mentah dunia melambung tinggi kemarin. Hari ini harga si emas hitam masih lanjut naik didukung dengan adanya penurunan stok minyak mentah di AS yang sangat signifikan pekan lalu. 

Harga minyak mentah berjangka naik hampir 1%. Kontrak Brent naik 0,73% ke US$ 69,38/barel dan kontrak West Texas Intermediate (WTI) melesat 0,76% ke US$ 66,19/barel. 

Kedua kontrak tersebut naik hampir 2% kemarin jelang rilis data stok minyak mentah Paman Sam oleh asosiasi industrinya yang tergabung dalam American Petroleum Institute (API).


Berdasarkan laporan API, stok minyak mentah AS anjlok hingga 7,7 juta barel pada akhir April lalu. Angka tersebut terbilang fantastis karena tiga kali lebih besar dari perkiraan analis maupun menjadi penurunan mingguan terbesar sejak Januari lalu. 

Kini pelaku pasar menunggu rilis data resmi dari pemerintah malam ini yang akan disampaikan oleh Badan Informasi Energi (EIA) AS. Jika data EIA dan API tak jauh beda harga minyak mentah berpeluang tembus US$ 70/barel.

"Ini akan memberikan beberapa momentum kenaikan lebih lanjut untuk pasar," tulis analis ING Economics dalam sebuah catatan.

Kenaikan harga minyak ke level tertinggi hampir dua bulan telah didukung oleh masifnya program vaksinasi Covid-19 di Amerika Serikat dan Eropa. Vaksinasi yang gencar pada akhirnya membuat lockdown bisa dilonggarkan sehingga mobilitas publik membaik dan permintaan terhadap bahan bakar meningkat. 

Sejauh ini, penurunan stok minyak AS terhitung lebih dari mengimbangi penurunan permintaan bahan bakar di India, yang sedang berjuang melawan lonjakan infeksi.

"Namun, jika kita akhirnya melihat penguncian nasional diberlakukan, ini kemungkinan akan memukul sentimen," kata analis ING tentang situasi di India, sebagaimana diwartakan Reuters. 

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading