Resmi Caplok Saham Lippo, Iron Mountain Jadi Pengendali MFMI

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
04 May 2021 17:10
Doc.Multipolar/via Detik

Jakarta, CNBC IndonesiaGrup Lippo melalui PT Multipolar Tbk (MLPL) dan anak usahanya telah menjual seluruh kepemilikan saham PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk (MFMI) kepada perusahaan asal Hong Kong, Iron Mountain Hong Kong Limited.

Lippo Group mempunyai kepemilikan saham di MFMI yang fokus pada bisnis manajer arsip, melalui PT Surya Cipta Investama dengan kepemilikan sebesar 65,99% atau setara 499,91 juta. Selebihnya adalah Multipolar dengan kepemilikan 26,47% saham dan investor publik 7,54%.

Dalam pengumuman yang disampaikan manajemen perusahaan, MLPL, bersama-sama dengan anak perusahaannya yaitu Surya Cipta Investama dan PT Cahaya Investama atau disebut para penjual telah melepas seluruh kepemilikan saham mereka di MFMI sebanyak 700.425.400 saham yang mewakili 92,46% total saham MFMI yang dimiliki.


Tidak disebutkan detail harga transaksi, tapi jika mengacu pada harga saham MFMI pada penutupan perdagangan Selasa (4/5), di level Rp 640 per saham, maka dari aksi korporasi ini, Lippo Grup berpotensi meraih dana segar sebesar Rp 448,27 miliar.

Dalam surat bernomor CSS.027-2021 itu dijelaskan bahwa ini merupakan tindak lanjut dari rencana jual beli dalam MFMI yang telah disampaikan perseroan kepada OJK tanggal 28 Desember 2020 lalu. Disebutkan pula bahwa Iron Mountain Hong Kong Limited bukan merupakan pihak afiliasi perseroan.

Multifiling Mitra Indonesia (MFMI) adalah perusahaan penyediaan layanan seperti penyimpanan file, pengambilan kembali, dan penghancuran arsip, serta layanan lainnya yang berkaitan dengan arsip dan dokumentasi.

Sama dengan MFMI, Iron Mountain merupakan perusahaan global yang menyediakan jasa manajemen informasi, manajemen arsip, penghancuran informasi, serta layanan pencadangan dan pemulihan data.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading